Alat Peraga Fisika


Weuy mahal-mahal harganya, tapi mencari yang ada di lingkungan sekitar berupa barang bekas apalagi yang dari kardus gimana ya ? Apa ada ide ?

ALAT PERAGA

DINAMIKA GERAK ROTASI

(MOMEN INERSIA PADA BATANG)

Deskripsi :

Momen inersia adalah ukuran kelembaman sebuah benda saat melakukan gerak rotasi. Untuk melihat keadaan kelembaman (inersia) sebuah benda berbentuk batang silinder maka digunakan alat peraga yang terdiri dari :

· Karet ban dalam

· Dua batang silinder (untuk penahan elastisitas karet saat dipuntir)

· Sebuah batang silinder (batang sapu) sebagai media pengamatan

Tujuan dari pengamatan gerak batang tersebut untuk memberikan gambaran tentang pengaruh inersia benda terhadap gerak rotasi, terutama mengenai peletakan titik poros batang terhadap keadaan rotasional benda tersebut yang tidak hanya bergantung pada massa melainkan juga terdistribusi relatif terhadap sumbu (poros)

Cara memperagakan :

(Sebagaimana terlihat pada gambar di atas) karet dipuntirkan pada dua batang penahan yang dipegang oleh masing-masing siswa (2 orang) dengan bantuan batang pengamatan sambil ditahan oleh seorang siswa yang lain menurut titik poros pengamatan masing-masing yaitu sejauh 1/2 L, 1/3 L, ¼ L dan 1/5 L.

Keterangan : L = panjang keseluruhan batang pengamatan

Setelah karet mencapai puntiran yang dirasa cukup kuat dan kencang untuk memutar batang, kemudian batang yang dipuntir pada karet sambil ditahan lalu dilepaskan.

Dari gerakan tersebut dapat diamati bentuk rotasi (lintasan rotasi) yang dihasilkan batang sapu saat berputar dengan poros batang yang berbeda-beda. Sekaligus memerikan inersia yang dialami benda saat diputar dalam sumbu yang berbeda-beda.

About these ads

10 thoughts on “Alat Peraga Fisika

  1. Ping-balik: Pendidikan Non-Akademis • Guraru

  2. Ping-balik: DINAMIKA GERAK ROTASI (FIS) « Cool's Blog

  3. baru nemu neeh! Bagus,tapi karena ngajar smp dimana ya…dapetin info alat peraga fisika yg sederhana buat smp yg minim bgt sarananya..

    hmm …. apa ya alatnya, yang penting dengan sarana minimalis bisa mendapatkan pemaknaan akan peristiwa fisika, misalnya anemometer dari bahan cup supermie, barometer dari balon, alat perambatan kalor dari kaleng berwarna putih dan hitam misalnya, :D … itu cuma sebagian kecil. Silakan anda membayangkan peralatan fisika sederhana lainnya untuk menarik minat anak SMP guna belajar fisika lebih nikmat

  4. Luar biasa. Anda pasti seorang guru Fisika yang sangat dicintai siswa-siswa Anda. Terima kasih. Semoga tulisan Anda menginspirasi saya untuk terus berkarya. Amin.

  5. ada alat paraga yang baru dan sederhana gak, dalam pelajaran fisika plus cara membuat nya

    anda bisa perhatikan foto-foto kegiatan siswa saya, semuanya menggunakan alat peraga yang mudah didapat dan dicari di lingkungan sekitar kita :D … terima kasih atas kunjungannya semoga menjadi pembuka persahabatan :D

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s