Tugas Akhir Rangkaian Elektronika


Sehubungan dengan pengumpulan tugas akhir, saya sudah memperhatikan bentuk dan kesamaan karya yang anda kumpulkan sebagian.

Hanya sebagian kecil saja yang sudah mengumpulkan tugas-tugasnya tersebut, berarti yang belum berakhir besok (tanggal 18 Juni 2010).

Agar posting blog dan ping back sudah masuk ke dalam dashboard saya selambat-lambatnya tanggal 22 Juni 2010. Bagi yang belum mohon maaf tidak akan diberi kesempatan setelah itu.

Yang sungguh menarik perhatian adalah :

  1. Karya Anggia dan Dayanna tentang model sensor hujan yang jika kena air akan menyalakan bel atau buzzer.
  2. Model Lampu lalu lintas yang dikerjakan Dayanna dan Anggia. Dibandingkan model lampu dari kelas X-1 atau X-2 (komentar ke-3) sebab tidak ada identitas dan keterangan rangkaian pun tidak dilampirkan, kekurangan dari sirkuit model Anggi dan Dayanna adalah lampu pertama tetap menyala saat lampu LED ke-2 menyala dan periode nyala lampu terakhir agak lama dibandingkan periode dua lampu LED yang di atasnya.
  3. Karya kelas X-1 yang tidak ada identitasnya juga tentang model lampu lalu lintas, model ini sangat sempurna sebab setiap lampu berkedip berdasarkan periode sebagaimana kontrol transistor. Hanya saja setelah dihitung dengan stopwatch, periode model lampu lalu lintas ini terlalu lama (barangkali cocok untuk jalan yang sangat padat).
  4. Karya kelas X-2 (Pamela, Dewi, dan Christamaya) mengenai pengukur kaki-kaki LED dan Diode. (menarik).
  5. Sementara Model lampu lalu lintas buatan Ihsanul, Yunitasari dan Diah Intan urutan lampunya tidak teratur dan cenderung dikerjakan buru-buru. Sayang sekali.
  6. Model-model lampu dummy alarm dan lain-lain ada kemiripan lebih kurang sekitar 20 model .. sayang sekali tidak ada inovasi jadi nilainya hanya standar saja. (75).
  7. Yang menarik bel elektronik sederhana buatan Wahyu Saputra dan Robert Septrio (untung cuma ber-2 saja) … lumayan … nilai agak di atas standar (sedikit)  :D
  8. Karya inovatif buatan Raynaldi dan David Perdana mengenai sensor kalor sayang sekali tidak dilampirkan dan tidak dituliskan di blog mengenai sirkuit dan cara kerjanya …. padahal jika dipenuhi nilai kelompok ini lumayan :D … sayang sekali.
  9. Karya Ditha dan Ade Yuniati mengenai model lampu … yang pertama … juga sudah cukup memadai … masih standar tentunya, tetapi karena yang pertama selalu ada kelebihan untuk yang pertama mengumpulkan :D
  10. Karya Tirsa Cs mengenai dummy alarm, sudah bagus dan lumayan .. karena pertama kali mengumpulkan selalu ada bonus untuk “yang pertama” .. sama halnya dengan Kuncoro dan Meri yang pertama kali memasukkan sirkuit ke dalam kotak berplastik yang menarik. :D
  11. Karya Taufan, Fajar, Danar, dan satunya lagi berupa bel listrik sungguh menarik hati dalam kesederhanaannya :D
  12. Karya Danar tentang sensor api juga menarik dalam karya kelompok mereka :D
  13. Sementara yang lain bersiap-siap menghitung mundur untuk kealpaannya dan ketidaktaatannya :lol: :evil:


Akhir-akhir ini saya perhatikan Setiap kali yang mengumpulkan tugas akan bersua dengan hewan peliharaan saya, terutama yang kemarin sore sungguh memprihatinkan jika mengamati ada beberapa rombongan rone pascal yang terjungkal tunggang langgang karena di-intercept oleh si Hitam (karena si Hitam ini memiliki kadet lain yaitu si tong-tong yang juga berwarna hitam dan bertopeng seperti Kuuga. :shock:

Rumusnya :
kalo berjalan mendatangi pagar kediaman saya agar membawa kayu, atau beranikan diri anda dengan jangan berlari sebab si Hitam akan terangsang untuk mengejar obyek yang berlari menjauh !

About these ads

76 thoughts on “Tugas Akhir Rangkaian Elektronika

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s