Usaha dan Energi


Berkaitan dengan bahan pelajaran yang akan kita diskusikan pada pekan depan dan sepertinya saya beserta rekan-rekan lain akan memiliki agenda penting pada tanggal 20 oktober 2010 sehingga ada “kemungkinan” anda belajar mandiri, maka berikut adalah uraian materi tersebut sebagaimana judul.

Menurut hasil pelatihan Pak Kadarjono, sebotol Sprite berukuran 620 mililiter jika diminum semuanya menghasil sekitar 10% glukosa. Adapun menurut buku Fisika Kesehatan (Ahmadi Ruslan Hani dan Handoko Riwidikdo, 2009:106)  mengenai energi makanan, glukosa menghasilkan energi pembakaran sebesar 3,74 kkal/gram. KKal adalah satuan energi kalor yang dibaca sebagai “kilo-kalori”. Kilo = 1000, dan kalori adalah nama satuannya.

Adapun nilai dari 1 kalori = 1 calorie = 4,182 joule. Berarti 1 kilo-kalori setara dengan 4182 joule.

Nah, berdasarkan bahan tersebut.

Silakan didownload bahan pekerjaan berikut ini mengenai Modul Energi kerja berdasarkan aktivitas masing-masing yang disesuaikan dengan bobot badan. TUGAS SISWA – USAHA DAN ENERGI (klik kanan untuk “save as”)

Bahan-bahan tersebut disadur dari data menurut buku David Giancolli (2001:525).

Umpan balik tindakan untuk memaknai pelajaran ini dari para siswa sekalian adalah memosting atau menuliskan di blognya daily activities atau kegiatan sehari-harinya (honest and truly) di blognya masing-masing terhitung dari tanggal tugas dikirimkan hingga hari Kamis, 21-10-2010). Jangan lupa untuk di-pingback ke Blog ini

About these ads

37 pemikiran pada “Usaha dan Energi

  1. sebelumnya sya ucpkn trmksh ats brknannya bpak mnjwb soal yg sya tnyakan.,.
    sya mau tnya lagi msih tentang usha & energi
    1. besarnya usaha utk menggerakan mobil (massa mobil dan isinya adalah 20.000 kg) dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan 36 km/jam adalah….
    2. sebuah balok bermassa 10 kg didrong dr dsar suatu bidang miring yg panjangnya 5 m dan puncak bidang miring adalah 3 m dr tnah. jika bidang miring dianggap licin dan g= 10 m/s, usaha yg harus dilakukan untuk mendorong blok adlah,….
    3. massa suatu benda 8 kg kecepatan awalnya 2 m/s dan kecepatan akhirnya 4 m/s, berapa besar usaha yg dilakukan benda tersebut??

    Trimakasih.

    1. anda hitung dari energi kinetiknya yaitu 0,5 x m x v2
    2. Hitung besar energi potensialnya saja sama dengan usaha yang dilakukan
    3. Lakukan perhitungan selisih energi kinetik akhir terhadap energi kinetik akhir, maka terjawab.

    • jawabannya:
      1. 0,5 x mx v2= 0,5x2000x36 pangkat 2=1296000
      d pilihannya jawaban itu g ada
      adanya:
      a. 1,00x 10 pangkat 5 j
      b. 2,50 x 10’5 j
      c. 2,00 x 10’5 j
      d. 6,25 x 10’5 j
      e. 4,00 x 10’5 j
      2. w=mgh=10x10x3=300 j, 5 m nya itu g ikut d jumlahkan??

  2. pak mau tnya soal .,., tolong d blas scepatnya ya pak..,!
    1. mengapa kita merasa lelah ketika mendorong deng kuat suatu tembok yg kokoh meskipun tdk ada usaha yg dlakukan?
    2. seorang wanita berenang kehulu sedang tidak bergerak terhadap pantai. apakah dia melakukan suatu kerja? jika dia berhenti berenang dan hanya mengambang saja, apakah ada kerja yg dlakukan padanya?
    3. adakah usaha yg dlakukan jika seseorang mendorong sebuah mobil namun mobil sama sekali tidak bergerak?
    4. contoh peristiwa usaha fisika dalam kehidupan sehari-hari!

    tolong di jelaskan pak.,.,.! trimakasih

    1. karena tembok tidak bergerak maka usaha yang dihadapi adalah usaha negatif yaitu dikenakan usaha oleh tenaga sendiri, makanya menjadi cepat lelah.
    2. Secara fisika usaha adalah memberikan gaya pada suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berpindah, dalam kasus wanita berenang terhadap pantai dan ia tidak bergerak maka secara fisika dapat dikatakan bahwa wanita ini tidak melakukan usaha, namun sebaliknya saat ia mengambang saja dan tidak berenang namun berpindah maka dapat dikatakan bahwa ada usaha yang dilakukan wanita tersebut.
    3. kembali pada definisi kedua, jika pada benda diberikan gaya dan benda melakukan perpindahan maka dapat disebut ada usaha. Nah, pada mobil yang tidak bergerak walau didorong maka dapat dianggap bahwa tidak ada usaha untuk menggerakkan mobil. Jika ingin mobil bergerak, maka bisa dipanggil mobil derek untuk menarik mobil ata memanggil orang banyak untuk bersama-sama mendorong mobil. Maaf, sebenarnya saya bingung dengan pertanyaan anda untuk soal ini.
    4. Usahanya secara umum adalah mekanika, mendorong gerobak, mendorong sepeda motor jika kehabisan bensin, yang tidak pernah itu mendorong truk trailler atau mendorong pesawat terbang, dan kesemua benda yang didorong bergerak (berpindah).

    Semoga memuaskan

  3. pak tolong bantu saya, saya gak ngerti soal di bawah ini!!!!! pleasse ya pakk!!!!
    1. Sebuah benda bergerak lurus diatas lantai hotzontal ditarik oleh tali. Massa benda 5 kg dan koefisien geseknya 0,2. Akibat gaya yang bekerja benda bergerak dengan percepatan 2 m/s2.
    a. Berapa energi yang diberikan oleh orang menarik tali agar benda bergerak sejauh 20 m?
    b. Berapa energi yang hilang karena gesekan?
    2. Sebuah benda dilemparkan ke atas sepanjang bidang miring. Kecepatan di A adalah 10 cm/s, waktu sampai di B kecepatan tinggal 5 cm/s. Bila massa benda 2 kg, hitung:
    a. Usaha yang dilakukan pada benda dari A ke B.
    b. Usaha dilakukan oleh medan gravitasi.
    c. Koefisien gesekan lantai
    3. Sebuah mobil 1200 kg melaju dengan kecepatan 30 m/s. Tiba-tiba rem diinjak hingga mobil slip dan akhirnya berhenti. Jika gesekan antara ban mobil dan permukaan jalan dalah 6000 N . Sejauh berapakah mobil itu slip ?
    4. Suatu elevator 2000 kg yang mula-mula diam di lantai bawah dapat naik setinggi 25 m melewati lantai ke empat dengan kecepatan 3 m/s. Gesekan dalam mesin elevator ternyata 500 N. Berapa usaha telah dikeluarkan mesin dalam mengangkut elevator setinggi itu ?
    5. Hitung daya rata-rata sebuah mesin yang dapat mengangkat beban 500 kg setinggi 20 m dalam waktu 60 detik !
    6. Sebuah balok didorong sejauh 20 m di atas sebuah lantai datar dengan kecepatan konstan oleh gaya yang membentuk sudut 30o di bawah horizontal. Koefisien gesekan antara balok dan lantai 0,25. Berapakah usaha yang dilakukan ?
    7. Sebuah balok didorong 4 m di atas sebuah permukaan horizontal tertentu dengan gaya horizontal 10 N. Gaya gesekan yang menghambat geraknya 2 N.
    a. Berapa besar usaha yang dilakukan oleh gaya 10 N.
    b. Berapa usaha gaya gesekan ?
    8. Hitung energi kinetik sebuah mobil 1800 N yang berjalan dengan kecepatan 30 km/jam. Berapa kali besar energi kinetik jika kecepatan diduakalikan ?
    9. Berapa energi potensial sebuah elevator yang beratnya 1600 N di tingkat paling atas gedung pencakar langit yang tingginya 1248 m di atas permukaan jalan ? Anggap energi potensial di muka jalan nol.
    10. Berapa kenaikan energi potensial sebuah benda yang beratnya 1 kg apabila diangkat dari lantai ke atas meja yang tingginya 1 m ?
    11. Sebuah balok yang beratnya 16 N didorong sejauh 20 m di atas sebuah permukaan horizontal tanpa gesekan oleh gaya horizontal 8 N. Balok itu bergerak dari keadaan diam
    a. Berapa usaha yang dilakukan ? Menjadi apakah usaha ini ?
    b. Periksalah jawaban anda dengan menghitung percepatan balok, kecepatan akhirnya dan energi kinetiknya.
    c. Jika diumpamakan balok sudah punya kecepatan awal 10 m/s. Berapakah usaha yang dilakukan ?
    12. Sebuah balok yang beratnya 16 N diangkat vertikal dengan kecepatan konstan 10 m/s setinggi 20 m.
    a. Berapa besar gaya yang diperlukan ?
    b. Berapa usaha yang dilakukan ?
    13. Sebuah balok beratnya 25 N didorong 100 m ke atas sebuah permukaan miring yang membentuk sudut 37o dengan horizontal dengan sebuah gaya konstan F = 32,5 N yang arahnya sejajar dengan bidang permukaan. Koefisien gesekan antara balok dan bidang 0,25.
    a. Berapa usaha gaya F ?
    b. Hitunglah kenaikan energi kinetik balok itu.
    c. Hitunglah kenaikan energi potensial balok itu.
    d. Hitunglah usaha yang dilakukan terhadap gaya gesekan.
    14. Seseorang bermassa 70 kg berjalan naik tangga ke tingkat tiga sebuah gedung. Tinggi vertikal tingkat ini 12 m di atas jalan raya.
    a. Berapa usaha yang dilakukannya ?
    b. Berapa banyak ia telah menambah energi potensialnya ?
    c. Jika ia naik tangga itu dalam 20 sekon, berpa usahanya ?
    15. Kereta belanja dengan massa 18 kg didorong dengan kecepatan konstan sepanjang gang dengan gaya F = 12 N. Gaya yang diberikan bekerja pada sudut 20o terhadap arah horizontal. Hitung usaha yang dilakukan oleh masing-masing gaya pada kereta jika panjang gang 15 m.
    16. Delapan buah buku, masing-masing dengan ketebalan 4,6 cm dengan massa 1,8 kg diletakkan mendatar di atas meja. Berapa kerja yang dibutuhkan untuk menumpuk satu di atas yang lainnya ?
    17. Piano dengan massa 280 kg meluncur ke bawah sejauh 4,3 m pada bidang dengan kemiringan 30o dan ditahan untuk tidak memiliki percepatan oleh orang yang mendorongnya kembali sejajar dengan bidang miring. Koefisien efektif gesekan kinetik adalah 0,4. Hitung :
    a. Gaya yang diberikan oleh orang tersebut.
    b. Usaha yang dilakukan orang tehadap paiano.
    c. Usaha yang dilakukan oleh gaya gesekan.
    d. Usaha yang dilakukan oleg gaya gravitasi.
    e. Usaha total yang dilakukan paino.
    18. Pejalan kaki yang massanya 55 kg mulai dari ketinggian 1600 m dan mendaki sampai puncak yang tingginya 3100 m.
    a. Berapa perubahan energi potensial pejalan kaki tersebut ?
    b. Berapa usaha minimum yang dibutuhkan orang itu ?
    19. Sebuah benda bermassa 20 kg terletak pada bidang miring dengan sudut 30o terhadap bidang horizontal. Jika percepatan gravitas 10 m/s2 dan benda bergeser sejauh 3 meter ke arah bawah. Berapakah usaha yang dilakukan oleh gaya berat ?
    20. Sebuah benda massanya 2 kg jatuh bebas dari ketinggian 20 m dari atas tanah.
    Hitunglah:
    a. Energi potensial setelah benda bergerak 1 sekon.
    b. Usaha yang dilakukan gaya berat pada saat ketinggian benda 10 m
    21. Sebuah benda jatuh dari ketinggian 6 meter dari atas tanah. Berapa kecepatan benda itu pada saat mencapai ketinggian 1 m dari tanah ?
    22. Sebuah bola massanya 2 kg mula-mula diam, kemudian meluncur ke bawah pada bidang miring dengan sudut kemiringan bidang 30o dan panjangnya 10 m. Selama bergerak bola mengalami gaya gesekan 2 N. Hitunglah kecepatan bola saat sampai pada dasar bidang miring !
    23. Sebuah trem mempergunakan daya 10 kW sehingga dapat bergerak dengan kecepatan tetap 8 m/s. Berapakah besar gaya penggeraknya ?
    24. Seseorang yang massanya 60 kg menaiki tangga yang tingginya 20 m dalam selang waktu 2 menit. Berapakah daya yang dikeluarkan oleh orang itu ?
    25. Sebuah benda bergerak di atas bidang datar kemudian ditahan dengan gaya 60 N, ternyata benda berhenti pada jarak 180 m. Berapakah besar usaha pengereman benda itu?

    Astaga soalnya … !!!

    Apa ada yang rela membantu beliau ?

  4. pak, saya minta tenggang waktu untuk memposting tugas hingga tanggal 21-10-2010 hari kamis malam. . .karena terjadi kerusakan komputer dan terserang virus. . .yang menyebabkan hancurnya ‘System (c:)’. . .

  5. iya pa disini terus terang sudah membaca tulisan bapak. bagus banget infonya. dengan begitu saya jadi tahu total energi dalam satu spirt yang terkadang saya tak tahu. ini benar – benar suatu pembelajaran yang sangat berguna.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s