Alat Eksperimen Fisika


Percobaan dalam fisika selain untuk mencari bukti tentang “kebenaran” sebuah teori atau sebuah fenomena alam secara empiris juga sebagai manifestasi dan pemahaman para pelajar fisika terhadap suatu gejala alamiah yang dapat ditunjukkan atau diukur melalui peralatan-peralatan model atau peralatan percobaan.

Di kelas XI melalui diskusi pelajaran digunakan karet, bekas ban dalam, plastik untuk melihat elastisitas atau kelenturan benda. JUga digunakan ayunan bandul untuk menentukan percepatan gravitasi bumi selain untuk melihat adanya hubungan gaya sentripetal dengan beban saat bandul tersebut diputar di atas kepala.

Kemudian menentukan konstanta pegas dan mengamati gerak periodik pegas menggunakan per atau springs. Yang nantinya dilanjutkan dengan konservasi energi dalam bentuk kit sederhana atau animasi sebagaimana yang disediakan phet colorado. Mengamati gerak momentum dan impuls menggunakan kereta tumbukan (peralatan yang disediakan di laboratorium fisika) atau kereta Troly.

Pada semester kedua ada lagi percobaan tentang dinamika gerak rotasi, kesetimbangan bidang, menentukan titik berat bidang, percobaan fluida (ada tentang roket air, pompa pascal, bejana berhubungan, pipa hidrostatis), percobaan termodinamika.

Pada kelas XII diadakan dengan percobaan tentang gelombang dan bunyi. Yang mana peralatan itu antara lain :

Eksperimen Bunyi dan Nada

Eksperimen Resonansi menggunakan garpu tala   dengan nada C (256 Hz), D (288 Hz), E (320 Hz), F (341,3 Hz), G (384 Hz), A (426,6 Hz), B (480 Hz), dan C'(512 Hz). Semakin sulit mendapatkan garpu tala dengan frekuensi di atas dapat dimodifikasi dengan suling (menggunakan pipa organa tertutup).  Serta pengukur frekuensi dengan aplikasi android.

http://www.kbescientific.com.sg/

Sonometer (sumber :kbescientific.com.sg)

Tabung resonansi (kbescientific.com.sg)

Pengukuran bunyi yang dihasilkan dengan kawat atau alat eksperimen Sonometer menggunakan dua senar (bekas senar gitar) dengan diberi dua dudukan dan dua meteran untuk menentukan bunyi yang dihasilkan berdasarkan panjang senar yang dibunyikan. Gambar diperoleh dari http://www.kbescientific.com  Gambar selanjutnya adalah tabung resonansi.

http://www.kbescientific.com.sg/Image936.gif

kbescientific.com.sg

http://www.kbescientific.com.sg/AC079901.jpg

Kit Konservasi Energi

Periskop PVC


Peralatan percobaan yang terakhir merupakan bahan pelajaran optik Yang diajarkan di kelas X.

About these ads

One thought on “Alat Eksperimen Fisika

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s