Tentang Kita


Suatu ketika di bulan Mei 2008, terlintas dalam benak saya tentang hari-hari yang terlewati dan akan dilewati. Dalam sepi, kekosongan atau pun juga dalam kesibukan dan diperlukan orang.
Masa demikian antara masa kebosanan dan masa benar-benar dibutuhkan, menjadi masa keemasan bagi insan yang sedang dalam pertumbuhan. Tetapi juga menjadi tanda-tanda keruntuhan bagi orang yang selalu sibuk dan memiliki anti sosial tinggi.
Materi berupa finansial, harta benda, kekuasaan dan jabatan adalah tujuan yang dikejar dengan menggunakan berbagai macam cara. Semakin lama berkutat dengan tujuan-tujuan itu, terasa sekali dunia kita berputar semakin cepat dan tanpa sadar kita berada di penghujung waktu dan kesempatan untuk berada di dunia ini.
Dunia ini tidaklah abadi dan tidak selamanya kita tinggali.
Manusia memiliki limitasi, usianya pun dibatasi. Tetapi selama usia masih dikandung badan, kadung janji dengan konstituen, semua kepentingan juga dilahap tuntas sampai kekenyangan atau bisa juga dilahap dengan rakus dengan alasan “Selama masih ada kesempatan mengapa tidak sampai tuntas?”
Berbagai macam kepentingan pula yang mendera pihak berkuasa untuk pandai-pandai menata dan mengelola tata laksana yang berkaitan dengan roda kehidupan orang banyak. Pelan tapi pasti itu semua berganti, dari yang nyaman menjadi tidak nyaman. Atau dari ketidaknyamanan, kesengsaraan, penderitaan selama berpuluh tahun berubah menjadi amuk massa seperti di Libya, Tunisia, Syria, dan negara-negara Timur Tengah yang selalu bergolak bagai air mendidih dan tidak pernah mendingin.
Banyak dikatakan di televisi, bahwa kita beruntung tinggal dan hidup di Indonesia. Banyak pula yang menyanggah dan mengatakan hidup di Indonesia sudah tidak aman bagai tersandera dan tercekam. Semenjak NAD bersatu kembali, suasana integrasi mulai terasa. Kini belahan papua sebelah timur kembali bergolak menuntut untuk diperhatikan. Kami hanya berharap yang konon katanya 2033, kelak, semua itu kembali berada pada porosnya. Tapi sampai kapan dan bilamana keadaannya ?

About these ads