Pengembangan kurikulum 2013


Ternyata mulai juli 2013 nanti kurikulum tingkat satuan pendidikan pengembangan baru dengan mengitegrasikan pendidikan karakter, pendidikan antikorupsi, pendidikan kewirausahaandan ekonomi kreatif akan diberlakukan di seluruh sekolah se-Indonesia.
Sudah sejauh mana hal ini akan berjalan?

Apa saja hal yang baru tentunya memberikan dampak positif dan negatif, jika asumsi kita sudah negatif maka apa saja yang baik akan dipandang kurang. Sebaliknya jika kita asumsikan pengembangan kurikulum 2013 ini positif dan berdampak baik, maka apa saja yang kurang akan tetlihat baik. Berdasarkan bahan sosialisasi uji publik yang terdapat pada http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id, kami memandang bahwa kurikulum ini “user friendly”, karena semua poin yang dikemukakan menyesuaikan dengan kapasitas dan keinginan masing-masing sekolah. Praktisi di sekolah tentu bisa memandang dari berbagai segi, yang perlu dipahami adalah peningkatan kapasitas belajar siswa dengan penambahan jam pelajaran per minggu, pengintegrasian mata pelajaran tertentu di jenjang pendidikan dasar dan menengah, menggunakan pendekatan pengajaran tematik yang bertautan untuk setiap mata pelajaran, guru bekerja minimal 24 jam – 40 jam seminggu, dan yang lebih diutamakan adalah motivasi mengajar guru, sebab buku ajar, buku pegangan guru disiapkan oleh pemerintah, satuan pendidikan menyiapkan rencana dan strategi dan asumsi untuk menjalan program belajar dengan keunggulannya masing-masing sekolah, juga bergantung dengan sumber daya guru yang tersedia. Mata pelajaran TIK terintegrasi dalam setiap mata pelajaran sehingga ada bagian penghapusan pada matpel TIK. Adanya penambahan jam pelajaran tertentu tiap minggunya dengan maksimal tatap muka sampai 39 jam – 42 jam.
Perubahan memerlukan tahap penyesuaian, guru Indonesia sebagian besar adalah orang-orang yang umumnya cenderung mampu menyesuaikan diri dengan perubahan, termasuk sering bertahan sebagaimana lagu bapak Charles Hutagalung tahun 80-an, Kucoba Bertahan.
Maka demikianlah pertahanan para guru Indonesia terhadap dinamika rancangan masa depan yang dikerjakannya.

Posting melalui WordPress Android

About these ads

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s