Alat Peraga Fisika

Weuy mahal-mahal harganya, tapi mencari yang ada di lingkungan sekitar berupa barang bekas apalagi yang dari kardus gimana ya ? Apa ada ide ?

ALAT PERAGA

DINAMIKA GERAK ROTASI

(MOMEN INERSIA PADA BATANG)

Deskripsi :

Momen inersia adalah ukuran kelembaman sebuah benda saat melakukan gerak rotasi. Untuk melihat keadaan kelembaman (inersia) sebuah benda berbentuk batang silinder maka digunakan alat peraga yang terdiri dari :

· Karet ban dalam

· Dua batang silinder (untuk penahan elastisitas karet saat dipuntir)

· Sebuah batang silinder (batang sapu) sebagai media pengamatan

Tujuan dari pengamatan gerak batang tersebut untuk memberikan gambaran tentang pengaruh inersia benda terhadap gerak rotasi, terutama mengenai peletakan titik poros batang terhadap keadaan rotasional benda tersebut yang tidak hanya bergantung pada massa melainkan juga terdistribusi relatif terhadap sumbu (poros)

Cara memperagakan :

(Sebagaimana terlihat pada gambar di atas) karet dipuntirkan pada dua batang penahan yang dipegang oleh masing-masing siswa (2 orang) dengan bantuan batang pengamatan sambil ditahan oleh seorang siswa yang lain menurut titik poros pengamatan masing-masing yaitu sejauh 1/2 L, 1/3 L, ¼ L dan 1/5 L.

Keterangan : L = panjang keseluruhan batang pengamatan

Setelah karet mencapai puntiran yang dirasa cukup kuat dan kencang untuk memutar batang, kemudian batang yang dipuntir pada karet sambil ditahan lalu dilepaskan.

Dari gerakan tersebut dapat diamati bentuk rotasi (lintasan rotasi) yang dihasilkan batang sapu saat berputar dengan poros batang yang berbeda-beda. Sekaligus memerikan inersia yang dialami benda saat diputar dalam sumbu yang berbeda-beda.

#alat, #fisika, #peraga, #sederhana