Usaha dan Energi

Berkaitan dengan bahan pelajaran yang akan kita diskusikan pada pekan depan dan sepertinya saya beserta rekan-rekan lain akan memiliki agenda penting pada tanggal 20 oktober 2010 sehingga ada “kemungkinan” anda belajar mandiri, maka berikut adalah uraian materi tersebut sebagaimana judul.

Menurut hasil pelatihan Pak Kadarjono, sebotol Sprite berukuran 620 mililiter jika diminum semuanya menghasil sekitar 10% glukosa. Adapun menurut buku Fisika Kesehatan (Ahmadi Ruslan Hani dan Handoko Riwidikdo, 2009:106)  mengenai energi makanan, glukosa menghasilkan energi pembakaran sebesar 3,74 kkal/gram. KKal adalah satuan energi kalor yang dibaca sebagai “kilo-kalori”. Kilo = 1000, dan kalori adalah nama satuannya.

Adapun nilai dari 1 kalori = 1 calorie = 4,182 joule. Berarti 1 kilo-kalori setara dengan 4182 joule.

Nah, berdasarkan bahan tersebut.

Silakan didownload bahan pekerjaan berikut ini mengenai Modul Energi kerja berdasarkan aktivitas masing-masing yang disesuaikan dengan bobot badan. TUGAS SISWA – USAHA DAN ENERGI (klik kanan untuk “save as”)

Bahan-bahan tersebut disadur dari data menurut buku David Giancolli (2001:525).

Umpan balik tindakan untuk memaknai pelajaran ini dari para siswa sekalian adalah memosting atau menuliskan di blognya daily activities atau kegiatan sehari-harinya (honest and truly) di blognya masing-masing terhitung dari tanggal tugas dikirimkan hingga hari Kamis, 21-10-2010). Jangan lupa untuk di-pingback ke Blog ini