Latihan Soal Fisika 2010

Berikut beberapa soal fisika yang dapat anda latih dan kerjakan untuk menghadapi Ulangan Umum semester ganjil 2010 yang akan dilaksanakan “mudah-mudahan” pada tanggal 3 Desember, namun jika ada halangan mungkin diundur pelaksanaannya.

  1. Sebuah mesin pompa air mampu mengisap air sebanyak 10 kg dan menaikkannya setinggi 10 meter dalam waktu 5 detik. Jika percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m.s-2, tentukan daya yang dihasilkan oleh mesin.
  2. Sebuah mesin penarik mampu mengangkat beban 150 kg setinggi 20 meter dalam waktu 10 sekon. Nyatakan daya mesin penarik tersebut dalam satuan daya kuda (horse power). (Ingat : 1 hp = 750 watt)
  3. Dua buah benda masing-masing massanya 2 kilogram bergerak dengan arah yang berlawanan. Benda pertama dengan kecepatan 10 m/s dan benda kedua dengan kecepatan 15 m/s. Tentukan kecepatan kedua benda setelah bertumbukan, dan tumbukan yang terjadi adalah lenting sempurna.
  4. Sebuah benda bermassa 25 kilogram dijatuhkan dari ketinggian 20 meter di atas tanah tanpa kecepatan awal, tentukan : energi kinetik benda saat 10 meter di atas tanah, dan energi potensial benda saat t = 5 sekon dari titik awalnya.
  5. Sebuah pegas memiliki panjang awal 25 cm setelah digantung beban panjangnya menjadi 32 cm setelah digantung beban 50 kg. Jika percepatan gravitasi = 10 m/s2 dan pegas itu bergetar pada frekuensi 30 Hz. Tentukan konstanta pegas dimaksud.
  6. Pegas bergetar dengan frekuensi 4 Hz saat digantung beban 3 kilogram, Tentukan frekuensi getaran pegas jika bebannya menjadi 6 kilogram.
  7. Pada suatu bidang datar yang licin, sebuah benda bermassa 25 kg memiliki kecepatan 10 m/s. Setelah mencapai jarak 5 meter, kecepatannya menjadi 5 m/s. Tentukan gaya yang bekerja pada benda tersebut.
  8. Sebuah benda mula-mula diam dalam waktu 9,89 sekon mencapai jarak 100 meter. Tentukan kecepatan benda jika disumsikan gerak benda tersebut adalah gerak lurus beraturan.
  9. Sebuah benda dilempar vertikal ke atas dan mencapai ketinggian maksimum 72 meter setelah bergerak selama 8 sekon. Jika percepatan gravitasi sebesar 10 m/s2, tentukan kecepatan awal benda.
  10. Pada gerak parabola sebuah peluru ditembakkan dengan membentuk sudut elevasi \theta , (tg \theta = 0,75). Jika kecepatan awal peluru adalah 25 m/s dari permukaan tanah dan nilai percepatan gravitasi bumi digunakan pendekatan sebesar 10 m/s2, tentukan : tinggi maksimum yang dicapai peluru dan kecepatan peluru saat jatuh kembali ke tanah.
  11. Seorang pemain atraksi mencoba menyeberangi sungai dengan lebar 50 meter menggunakan landasan miring dengan sudut kemiringan 50o. Tentukan kecepatan minimal yang harus dicapai kendaraan yang dipakainya agar pemain tersebut dapat menyeberang dengan baik. Gunakan percepatan gravitasi bumi digunakan pendekatan sebesar 10 m/s2

Soal-soal latihan ini akan sering di-update, karena itu pantau terus pada link tersebut di atas yaitu Latihan Soal Fisika Tahun 2010.

Saya sengaja tidak menuliskannya dalam bentuk word dengan alasan agar dapat terbaca melalui ponsel para siswa sekalian. Jadi tidak perlu diunduh seperti biasa.

Kepada para siswa saya yang belum berlangganan blog ini agar mulai memasukkan e-mailnya ke dalam kotak langganan sehingga setiap kali update dapat terus terpantau.

Anda dapat berkunjung ke web ini untuk berlatih sekaligus try out fisikalearning center