Menghadapi Tes Fisika (bagian 2)

Hari ini kelas Mamoru sangat mengasyikkan hingga tak terasa 2 jam pelajaran berlalu begitu cepat, tapi karena ada yang dipanggil-panggil untuk mengurus gerak anti narkoba ~ pelajaran Fisika dihentikan tepat di pukul 8.04 dan saya segera beranjak untuk mengurus surat-menyurat izin perkuliahan dan undangan kepada para Tetamu besok hari guna mengikuti Pendayagunaan Internet sebagai Media Pembelajaran yang diantaranya ‘masih mengenai’ baca dan menulis email (termasuk membuat bagi yang belum ada), membuat dan menulis blog, mendaftar berbagai miling list dan trik-trik nge-net agar tidak tersangkut di jaring-jaring (apalagi rata-rata guru di tempat saya ini masih perlu menambah jam terbang supaya lebih tinggi lagi jangkauannya).😀

Nah, yang penting adalah Mamoru … dan rekan-rekannya yang lain.

Pokok penting yang dijadikan landasan untuk tes Fisika di akhir semester ini adalah bahan-bahan yang ada kaitannya dengan Workshop Fisika terdahulu saat kita masih di awal semester 2010/2011. Mudah-mudahan ada yang masih mengingat dan memasukkannya ke dalam blognya masing-masing.

Antara lain :

  1. Persamaan gerak bidang datar
  2. Persamaan gerak melingkar (gerak rotasi)
  3. Persamaan gerak harmonis
  4. Elastisitas
  5. Pegas
  6. Usaha dan Energi
  7. Impuls dan Momentum
  8. Gravitasi (walaupun Mamoru dan kelas-kelas lain belum belajar, tetapi ini perlu dimasukkan karena XI IA-5 juga mengikuti tes fisika dan sudah diajarkan seluruh materi ini oleh Bu Marsaulina).

Bagi anda yang belum belajar gravitasi, maka soal tentang pokok tersebut tidak usah dikerjakan, saya hanya memperhitungkan jawaban benar anda berdasarkan tujuh pokok bahasan yang sudah diajarkan saja.

Kalo orang santai bilang, “ada bonusnya untuk tes kali ini”.

Mengenai butir-butir soal, maksimal tes sebanyak 40 soal dalam bentuk pilihan ganda. So, tidak menyulitkan anda untuk mengerjakannya karena tinggal memilih jawaban yang anda pikir paling tepat (bukan hanya dianggap)😛

Pembagian alokasi indikatornya :

  1. Gerak pada bidang datar (sudah mencakup vektor posisi, vektor kecepatan, vektor kecepatan rata-rata, kecepatan sesaat, percepatan sesaat, perpindahan dan jarak).
  2. Gerak melingkar (idem sebagaimana indikator di atas)
  3. Gerak Harmonis (idem dengan indikator di atas, ditambah dengan energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik getaran).
  4. Elastisitas (tegangan, regangan, modulus elastisitas)
  5. Pegas (konstanta pegas, gaya pegas, energi pegas, getaran pegas)
  6. Usaha dan Energi (usaha, kerja, energi, potensial, kinetik, mekanik, daya)
  7. Impuls dan Momentum (Impuls, momentum, hukum kekekalan momentum, tumbukan, kelentingan tumbukan, ayunan balistik, persoalan-persoalan lain mengenai momentum seperti gerak bom atau gerak ledakan atau gerak anak terhadap perahu bahkan skateboard).
  8. Gravitasi (gaya gravitasi, kuat medan gravitasi, percepatan gravitasi di permukaan planet, periode orbit, Hukum ke-3 Keppler, Gerak orbit Benda-Benda Langit dan Satelit / periode orbit, kecepatan orbit, hingga kecepatan lepas).

 

Khusus megenai bagian 8 anda bisa search di blog Guru Fisika ini untuk mencari persamaan, soal latihan, tugas-tugas yang sudah dikerjakan sebagai bahan pelajaran tambahannya.

Jangan lupa jika masih ada yang tidak jelas, jangan sungkan untuk bertanya lewat sms, komentar, atau BBM-an😀 … semoga berhasil dan lulus dengan nilai > atau = 75 ok ?

Ok dong !