Fluida Statik

Pada penerapan kali ini adalah sebuah proyek untuk mengukur massa jenis relatif.
Massa jenis relatif adalah membandingkan massa jenis fluida yang sudah diketahui nilainya (misal : aquades yang dapat dicari di apotik atau toko obat) yang dibandingkan dengan fluida lain misalnya seperti minyak goreng merek X, Y, Z, minyak angin merek X, Y, Z, minuman ringan merek X, Y, Z bahkan urine hewan atau urine.
Bagan sederhananya adalah gambar (jelek) berikut :
Bejana berhubungan berikut diisi dengan fluida yang berbeda. Untuk menghubungkan berbagai bejana dapat digunakan botol bekas minuman mineral, pipa PVC, atau selang transparan sehingga dapat dipandang ketinggian fluida yang diisikan ke dalam bejana tersebut.

Dengan terlebih dahulu menentukan titik acuan yang sejajar dari bejana tersebut.

Jika ketinggian fluida pada masing-masing pipa diukur maka dapat dinyatakan bahwa :

\rho_1=\rho_2 \quad \frac{h_2}{h_1}

Persamaan di atas digunakan untuk menghitung massa jenis fluida relatif.

Hukum Pascal dapat dinyatakan berdasarkan skema berikut :
Hukum Pascal mengubah pengerahan tekanan pada titik bejana yang sama yang diberikan dengan gaya yang lebih kecil agar diperoleh gaya sebesar-besarnya terhadap bejana kedua.

Pompa tangan sederhana Selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah mendiskusikan cara kerja pompa air sederhana berdasarkan prinsip-isap-tekan-buang. Jika semula di negara kita atau beberapa daerah yang kaya akan bambu menghasilkan pompa air dari bambu. Karena sudah semakin modern dan dihasilkan berbagai ukuran pipa PVC, maka dimungkinkan bagi siswa yang berminat serta memiliki ide untuk mencoba memproyeksikannya berupa pompa tangan dengan bahan dasar pipa plastik sederhana. Merakit pompa tangan :

Silakan diperhatikan video berikut :