PR Guruprasad

Secara tidak sengaja saat saya sedang mencari bahan tentang buku PSSC Physics (PSSC = Physics Science Study Curriculum; yaitu sebuah perkumpulan profesor fisika dan guru fisika di tahun 1956 setelah peluncuran Sputnik oleh Rusia yang memulai perlombaan penguasaan angkasa dirgantara oleh para negara adikuasa pada waktu itu).  Saya menemukan sebuah ulasan menarik dari seorang profesor India yang bernama lengkap Panamalai R Guruprasad yang seorang blogger.

Panamalai R Guruprasad

Beliau seorang penulis yang juga guru fisika K-12 di Chennai, India, selain sebagai guru, beliau juga bertugas sebagai kepala sekolah dan pejabat dinas pendidikan setempat. Ulasan lebih lengkap silakan dibaca di Gazette atau ulasan berikut .. klik ini

Saya semakin sulit membayangkan di tengah kesibukan beliau yang masih mengajar fisika di K-12, sekaligus sebagai kepala sekolah, selanjutnya sebagai semacam fasilitator yang bolak-balik dari India dan negara-negara di semenanjung Arab yang masih sempat-sempatnya menulis di blog. Silakan kunjungi blog beliau.

Terakhir saya membaca, beliau ada memposting pada tanggal 27 Februari 2011.

Semoga ini adalah contoh kesukacitaan kita atau membuktikan bahwa ada orang lain di belahan bumi ini yang ternyata jauh lebih sibuk, lebih IT, lebih maju, dibandingkan dengan blog ini dan juga sebagai pemacu-pembanding-barometer pengukur kemajuan blog guru fisika selanjutnya.

#ada, #dan-rank, #india, #kyuhyun, #languages, #programming, #rusia, #ryeowook