Kelas Revolusioner

Revolusi menggambarkan suatu perubahan dari sebuah kebiasaan atau keadaan yang biasa-biasa saja menjadi keadaan yang berbeda. Keadaan yang berbeda ini dapat menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk.

Saya merasakan perbedaan revolusi ini selama awal Maret kemarin, dibandingkan dengan petugas lain sekalipun hari libur, kami bersama Pak Ade, harus selalu berada di lab komputer. Untunglah kondisi tersebut kami sangat terbantu dengan kehadiran Harry, Novi, Yessi, Domigo, Vitrosa, Nory, Yoshua, Nisya Inkai, Lia Enda, Dewi, Asrie, dan beberapa pengguna lab. Kebetulan mereka ini ada waktunya dan kebetulan pula saya mintai pertolongan😀

Menganalogikan kejadian seminggu kemarin, maka seminggu ke depan, yang mana setelah itu nantinya mulai 14 Maret hingga waktu yang belum diketahui, saudara-saudara kelas X dan XI akan kembali menjalani kegiatan belajar mandiri di rumah. Dikarenakan mulai 14 maret tersebut, ruang kelas anda dipergunakan untuk ujian sekolah.

Kelas revolusioner yang saya maksudkan adalah adanya perubahan kebiasaan jika sebelumnya memulai presentasi karena ada gurunya, sekarang karena kebetulan waktu kita semakin mendekat ke arah ujian akhir kelas XI, ada beberapa kelas yang akan diparalelkan sehingga saya meminta bantuan perubahan kepada beberapa tutor kelas atau pelopor kelas guna memandu dan mengendalikan kegiatan pembelajaran mandiri secara peer to peer atau pengawasan sebaya.

Target yang akan selesaikan pada bulan ini adalah presentasi sekaligus pembuatan proyek tentang :

  1. Fluida Statik (Hukum Archimedes, Tegangan Permukaan, Kapilaritas, Viskositas).
  2. Fluida Dinamik (Hukum Kontinuitas, Hukum Bernoulli, Pesawat Terbang, Kapal Layar)

Pokok-pokok tersebut yaitu menyelesaikan presentasi dalam kelas dengan catatan kelas (yang dilakukan oleh para pelopor kelas atau pengurus kelas) dilanjutkan dengan membuat proyek riset yang berkaitan dengan hal tersebut.

Contoh pertama :

Mengamati perbedaan daya apung atau daya angkat berdasarkan massa jenis. Sebagaimana yang dilakukan kelas XI IA-4, hanya saja kekurangan dari proyek ini adalah jenis telur yang berbeda.

Upayakan jenis telurnya sama tapi dibedakan antara yang sudah direbus dan yang masih mentah. Artinya telurnya sama tapi dibandingkan saat dicelupkan ke dalam zat cair yang bermacam-macam. Zat cair yang digunakan antara lain :

  • Air saja (sebagai kontrol)
  • Air + gula putih
  • Air + gula jawa
  • Air + garam
  • Air + vetsin (MSG)
  • Air + merica
  • Air + asam kamal (asam jawa)

Dokumentasikan hasil pengamatan berupa kedua jenis telur yang sama tersebut selama berada dalam cairan. Perlu diperhatikan bahwa jenis telur itu : kalo boleh jangan hanya telur ayam ras, tapi juga telur itik, atau telur ayam kampung, atau bahkan telur burung puyuh, jika ada jenis telur lain, misalnya telur kura-kura juga boleh😛

Dokumentasinya dipublikasi oleh masing-masing pemilik blog yang tercatat dalam agregasi. Bagi yang belum ya tidak perlu repot.

Contoh kedua :

Proyek menentukan pengaruh tekanan hidrostatis. (Dapat dilakukan dirumah dan cukup satu kelas saja kelompoknya tidak usah sendiri-sendiri).

Cara kerja :

  1. Potonglah bagian yang rata dari botol air mineral (usahakan yang besar) sehingga diperoleh penampang ratanya.
  2. Kemudian setiap titik dari permukaan hingga ke dasar diukur panjangnya.
  3. Bagilah wadah botol mineral tersebut lima bagian sama panjang dari permukaan hingga bagian dasar.
  4. Lubangi ke lima titik dan ditutup dengan selotip yang bisa dibuka lepas.
  5. Setelah dilubangi dan diberi selotip. Wadah kemudian diisi air lalu amati pancuran air yang keluar dari setiap lubangnya (buka tutup selotip secara bergantian dari tutup ke-1 hingga tutup ke-5), dokumentasikan, lalu jika dibuka secara kombinasi.
  6. Perhatikan macam-macam pancuran aliran air yang keluar.

Contoh Ketiga :

Membuat pesawat terbang kertas, usahakan buatlah pesawat terbang dari kertas yang dapat terbang selama-lamanya. Minimal bisa terbang 5 – 10 menit di udara. Untuk lebih jelas anda bisa mencari di blog ini tentang paper plane atau pesawat terbang kertas.

Contoh empat :

Silakan para pelopor kelas memandu anggota kelasnya untuk mencari ide revolusioner tentang percobaan Fluida Statis dan Fluida Dinamis berdasarkan contoh-contoh sebelumnya. Selanjutnya nanti didokumentasikan di agregasi Fisikarudy.

#ada, #advocacy-and-comparisons, #class-project, #dan-rank, #dari-persian, #fianna-fail, #kelas, #languages, #oppas, #paper-plane, #pesawat-terbang-kertas, #physics-project, #programming, #super-junior, #tugas