Bulan Tua

Penyebutan bulan tua secara astronomi berarti hampir berakhirnya kurun waktu siklus bulan yang akan digantikan bulan baru sehingga dijadikan acuan penanggalan. Penanggalan kalender bulan atau kalender sinodis berjumlah 254 hari dalam setahun berbeda dengan kalender sideris yang mengacu para revolusi matahari (yang dianggap bahwa bumi sebagai pusat alam semesta dan matahari yang mengitari bumi).

Secara relatif pernyataan itu muncul karena pengamat yang berada di bumi. Tetapi pengetahuan modern sudah membuktikan bahwa Matahari adalah pusat tata surya kita. (mungkin ada pusat-pusat tata surya lain dalam konstelasi sistem matahari-planet di galaksi lainnya).

Kembali pada pengertian bulan tua, yang juga dapat berarti “kehes” atau sedang “kere” sehingga penerimaan penghasilan yang dipakai untuk dihamburkan menjadi diperketat. Pulsa telepon diirit, perteleponan hingga perfesbukan pun dikurangi untuk menggambarkan bahwa “bulan tua” itu berarti masa kritis menunggu duit habis.

Padahal dunia kerja atau dunia usaha kebanyakan memberikan gaji kepada para pegawainya pada tanggal-tanggal di akhir bulan. Saya ingat dulu CNI atau perusahan MLM memberikan bonus kepada para member atau distributornya yang berprestasi setiap tanggal 26😀 … nah, mitos akhir bulan ini mungkin sebagai pertanda pengetatan pada ekspansi finansial atau pengeluaran, tetapi jangan pula sebuah harga mati. Sekarang seluruh pns daerah di Kota Palangka Raya kalo menerima tunjangan daerah juga diberikan pada akhir-akhir bulan. Bahkan, jika perlu saya mengambil gaji pada akhir bulan saja … lalu selama awal bulan dapat makan dari mana ? atau untuk membayar kredit dari mana ? …

nah, itu dia yang jawabannya masih saya cari sampai sekarang dengan terus bersekolah …😀

Ada enggak cara bahwa kita tidak perlu bekerja, tetapi setiap hari dan bulannya hidup kita terjamin enak. Kalo jargon waktu saya masih pelajar SD dulu adalah cita-cita untuk hidup berkecukupan (tidak perlu kaya), tapi  makan cukup, beli-beli atau belanja apa saja cukup, mau beli fortuner cukup, ganti hape cukup uangnya, sampai beli rumah juga uangnya cukup.

#ada, #advocacy-and-comparisons, #astrofobia, #astronomi, #astronomy, #astrophysics, #bukan, #languages, #programming