(Kembali) Menjadi Juri

Kali ini rekan muda saya yang pernah mengajarkan kami membuat animasi dengan Flash, yaitu Angga Saputra yang sekarang mengajar di SLBN-1 Palangka Raya menawari saya untuk membantu menilai hasil desain grafis yang ditampilkan oleh para siswa sekolah luar biasa tingkat SMA/SMA Inklusif. Sebetulnya saya cuma biasa menilai dan menggabungkan kata demi kata menjadi untaian kalimat semata.

Tapi karena didorong-dorong, mudah-mudahan tidak jatuh kejeduk apalagi teman saya Pak Syamsul  sepertinya juga punya kemampuan yang melebihi saya maka tawaran tersebut “terpaksa” saya ambil selain karena memang mencari “masalah”😆 …
Desain grafis yang coba ditampilkan oleh para peserta Festival Seni Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus ini mengangkat tema promosi daerah terutama Kalimantan Tengah. Entah bagaimana bentuk komunikasi visualnya saya sendiri belum melihat dengan seksama dan dalam tempo selama-lamanya.

Menjadi juri sungguh berat dan bisa-bisa mempertaruhkan kredibilitas, terutama yang bagian cuma menyerempet dari “Sedikit” keahlian yang saya miliki. Sungguh pun demikian, tidak salahnya dicoba dan dicari tahu apa yang menjadi akar atau bentuk inti dari gambar menggambar untuk berkomunikasi.

Moga-moga tidak salah pilih😦

#dkv, #grafis, #internal, #juri, #kali, #komunikasi-visual, #palangkaraya