Kerja di sekolahan

Yang namanya kerja di sekolahan belum tentu pas liburan enak-enak libur, khususnya untuk kami yang hari ini diminta lembur walau tanpa uang lembur sekalipun tetep harus datang dan dengan sukarela bekerja seia sekata dengan riang gembira. Atas bantuan mesin pengopi cepat dokumen berjudul Rizo ZR 210 sebanyak 15000 lembar berhasil diperbanyak berdasarkan kopian aslinya. Mulai dari lembar jawaban siswa, absensi siswa, absen pengawas ulangan umum, hingga kantong-kantong selaput pembungkus soal pun dijejal untuk besok ditempel para sortirwan dan sortirwati yang telah dibina untuk diikutsertakan dalam kerja massal berkelompok.

Kerja di sekolahan, enak tidak enak, ya tetap ada liburnya. Molornya juga bisa diatur bergantung dengan keadaan kekinian. Tergantung operator apa yang dipakai, apakah yang unlimited atau yang berkuota. Dimensi kerja pun bisa di-setting user friendly seperti keinginan. Atmosfer kerja yang harmonis, ekonomis, dan kadang melankolis sering dijalani secara pasti sengaja atau tidak disengaja.

Kadang rame kadang sepi, kadang susah kadang mudah, sering ribut sering pula terdiam. Mulai dari takut kualat hingga yang sangat berani berjiwa penentang dan pembelot pun tersedia. Itulah dunia homogen, dunia sekolahan.

Orang lain enak-enak liburan sambil menikmati cuti bersama, tetapi warga sekolahan yang berdedikasi harus tetap hadir di sekolahnya untuk bergotong royong mencapai tujuan bersama demi kemaslahatan generasi penerus bangsa yang akan memulai misinya menuntaskan tahun pelajarannya semenjak hari senin, 6 juni 2011 hingga 13 juni kelak.

Generasi ini bertambah tinggi kelasnya bersiap-siap pulalah para cendekiawan cendekiawati menerima dan menyeleksi calon-calon anggota baru klub sekolahan ini. Namanya cendekia tapi belum tentu seperti itu pula kesungguhannya.
Dunia sekolahan kita sudah berubah dari masa ke masa menjadi tembang kenangan yang populer di lagu-lagu orang tua dan sebagai nina bobo semata.

Mungkinkah suatu saat nanti, lembar jawaban ini sudah lengkap dengan kunci jawabannya sehingga tinggal mencentang atau menconteng saja ? …