75 untuk XI

Batas pandang yang menjadi target atau kesulitan. Batas pandang ini bisa dicapai dengan berbagai latihan atau berbagai informasi yang bisa diterjemahkan dengan rapi dan 60% mendekati akurasi. Akurasi didapat dari pengamatan yang teliti dan berhari-hari sambil direnungkan dengan matang dan pelan sehingga menjadi simpulan yang tak lekang.

Silakan memulai observasi untuk anak-anak Mamoru, Sparta, Elfweten, dan Craxi berdasarkan uraian syair ini :

Kehidupan kita tidak lebih seperti roda atau tepatnya bola. Bola pejal padat yang terpenuhi dengan fluida yang mengisi paru-paru kita. Bola atau roda memiliki kecenderungan gerak yang disebut torsi. Torsi adalah hasil kali gaya dengan lengan gaya yang dihitung dari titik poros hingga titik tangkap tempat gaya dikenakan atau diberikan. Torsi umumnya diberikan di bagian tepi atau tangensial, bisa objek berbentuk kurva (lingkaran) atau objek berbentuk batang/tongkat.
Hasil gelindingan roda atau bisa juga bola yang hanya terdiri dari dua jenis bisa pejal padat dan hanya berupa kulit bola. Setiap pertambahan massa dalam materi berakibat terhadap inersia yang dialami objek. Demikian pula halnya peletakan poros dan massa pada tongkat atau batang juga berpengaruh besar dalam menentukan momen inersia objek.
Karena benda atau objek ini bergerak tentu saja energi atau usaha yang berhubungan akibat geraknya tetap diperhitungkan.
Benda memerlukan kestabilan agar tetap berdiri tegak atau kita memerlukan kesetimbangan agar tetap tegar menghadapi masalah. Masalah ketegaran materi fisik bisa melalui kestabilan tali, kestabilan titik berat bidang, kestabilan keseimbangan pada sepanjang garis lurus yang digambarkan pada batang lurus, jembatan, neraca atau timbangan. Berbagai macam kesetimbangan sebagai prasyarat atau persyaratan pun perlu diperhatikan dan disimak hati-hati.
Fluida dibicarakan karena zat-zat yang ada di sekeliling kita adalah zat yang bisa mengalir sehingga disebutkan sebagai fluid. Fluida mengalami berbagai macam perlakuan mulai dari tekanan, tekanan yang dialami karena benda berada semakin dalam atau semakin jauh dari permukaan fluida (air) yang disebut tekanan hidrostatis, berlakunya hukum Pascal pada dua penampang yang berbeda dari dongkrak atau kempa hidrolik sampai pada berlakunya hukum Archimedes.
Fluida yang dialami benda ada secara statis dan sebaliknya bisa juga berlaku dinamis atau fluida yang bergerak. Bagaimana fenomena pesawat terbang yang bergerak di dalam fluida yang turut bergerak pula ? Sebagaimana dengan asumsi jumlah volume cairan yang dikucurkan dari pancuran hingga memenuhi bak atau penampungan air.
Perilaku molekul gas tidak kalah menarik untuk dipelajari yang dihubungkan dengan persamaan gas ideal dalam pelajaran kimia. Sama halnya dengan serunya menghitung jumlah partikel, jumlah mol, menghitung tekanan, volume, bahkan temperatur menurut hukum-hukum pemuaian gas sebagaimana yang dicetuskan oleh Boyle, Gay Lussac, dan Charles. Berlakunya akibat gerak partikel gas dalam energi kinetik gas sampai pada teorema ekipartisi molekul juga berperan secara mikroskopis terhadap kerja mesin termodinamika.
Termodinamika dapat dipandang secara parsial awam berbagai keadaan-keadaan gas secara isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik untuk menghasilkan usaha gas W = P V
Usaha gas kemudian digambarkan dalam hukum ke-1 Termodinamika hingga diterapkan menjadi mesin kalor yang bekerja menurut Siklus Carnot sebagai aplikasi dari hukum ke-2 Termodinamika. Jika mesin Carnot bekerja karena menyerap energi dari tandon bersuhu tinggi, maka sebaliknya mesin pendingin bekerja dengan menyerap kalor dari benda bersuhu rendah kemudian dipompa ke lingkungan menjadi ruang bersuhu tandon tinggi. Pernyataan Kelvin, Planck maupun Rudolf Clausius perlu dibaca lebih teliti dan dalam serta dihayati.

Selamat belajar .. ! Inilah saripati pelajaran Fisika kelas XI semester 4.

#11, #bukan, #duduk, #fisika, #fisika-11, #fisika-sma-11, #fisika-sma-xi, #fisika-xi, #pascal, #programming, #quick, #rudolf-clausius, #semester-2, #semester-4, #semester-genap, #sma, #smart, #sparta, #tes-fisika-kelas-11, #tes-fisika-kelas-xi, #tes-fisika-semester-genap, #think, #ulangan-fisika, #ulangan-umum, #ulangan-fisika-11, #ulangan-fisika-xi, #xi