Spirit !

Spirit atau roh bisa juga berarti semangat. Spirit atau roh digunakan untuk membangun motivasi berjuang hingga berprestasi bahkan jiwa yang tidak ingin tunduk di bawah kekuasaan pihak lain atau negara lain. Spirit yang muncul dalam kelas atau yang dialami siswa adalah spirit untuk mau dicemooh, tidak mau dicela, spirit tidak mau dipermalukan, spirit untuk tetap menang, spirit untuk naik kelas, spirit untuk masuk jurusan yang diinginkan terutama masuk jurusan ilmu alam dan lainnya.

Spirit itu pula yang membawa para muda ini berjuang sungguh-sungguh untuk menggapai tujuan yang diimpi-impikan. Spirit itu pula yang membebaskan Singasari dari dipermalukan oleh Mongol dengan strategi jenius Raden Wijaya pendiri Majapahit yang juga menantu Sri Kertanegara (Raja terakhir Singasari). Sebelumnya keberanian Sri Kertanegara mempermalukan utusan Tiongkok Meng Chi yang arogan membawa surat Kubilai Khan agar Singasari tunduk pada Kekaisaran Dinasti Yuan yang dijawab Kertanegara dengan mengiris kuping utusan khusus tersebut dan mencoreng wajah Meng Chi sama seperti ibarat keberanian Tikus kepada Harimau. (Tulisan Djoko Susilo, Dubes RI untuk Swiss di Jawa Pos Grup dengan judul Spirit Kertanegara dan Surabaya, dimuat berseri 6-7 Juni 2011 di Kalteng Pos).

Hendaknya demikian pula spirit yang bernyala-nyala di dada generasi muda penerus bangsa ini mengingat pelajaran sejarah tentang Kertanegara dan Singasari serta Raden Wijaya yang mampu menghadapi ribuan tentara Mongol hingga mengusirnya kembali ke Tiongkok dengan taktik jenius di tahun 1292 lampau dengan teknik beladiri leluhur Sinalika.