Aplikasi Android untuk Fisika

Semakin merambahnya komputer tablet yang di-Indonesia-kan menjadi “sabak” yang baru-baru awal Juni 2011 ini diluncurkan oleh Balai Pustaka yang diresmikan penggunaannya oleh Mendiknas. Peluncuran tersebut dimaksudkan mengganti lebih efisien penggunakan netbook atau laptop (komputer jinjing) yang umumnya didominasi sistem operasi Microsoft maupun opensource Linux. Saat ini  kemunculan sabak atau komputer tablet bersistem Android memberi kemudahanlain yakni  tersedianya fitur market (jika dalam Linux disebut “repository” yang harus diperbaharui setiap kali mesin komputer dinyalakan). Dalam sistem Android untuk mendownload aplikasi tersebut salah satunya bisa melalui Android Market. Berbagai aplikasi ini ada yang berbayar dan gratis. Selain itu sifatnya “terbuka” atau “opensource”.

Aplikasi ini antara lain berupa permainan,  perangkat produktif (word for android, quick office, dataviz), ebook reader (epub, kobo, FB reader), aplikasi jejaring sosial seperti facebook, twitter, aplikasi messenger (whatsapp yang ternyata hanya bisa ditanam ke dalam HP)  termasuk buku digital (e-Book) dan majalah digital yang dapat ditanam ke dalam tablet android (sabak) ini.

Sesuai keperluan dan berbagi pengalaman sesama pembelajar Fisika, maka di sini saya menunjukkan beberapa aplikasi sederhana fisika yang bisa ditanam (di-instal) ke dalam PC Android (mudah-mudahan ke dalam HP android juga).

Physics Playground dengan alamat http://101bestandroidapps.com/app/physics-playground/662/

Living Physics dengan alamat http://www.androidzoom.com/android_applications/physics

 

 

http://www.androlib.com (bisa mendapatkannya di perpustakaan forum android ini)

http://www.appbrain.com/app/space-physics/com.doodle.main

http://www.androlib.com/android.application.com-wesgilster-scriptphysics-pCDEz.aspx

 

 
Jika aplikasi tersebut bersifat tidak gratis alias Paid (berbayar), maka anda dapat menyesesuaikannya dengan anggaran yang tersedia. Tentu saja aplikasi berbayar ini menggunakan metode pembayaran  PayPal untuk membeli aplikasi tersebut. Hal serupa sering saya lakukan saat membeli aplikasi di AppWorld dalam Blackberry😀

 Selain itu juga terdapat aplikasi android untuk kimia.

Jika maksud dan tujuan anda membeli sabak untuk membaca buku elektronik, anda dapat mengunduh atau memasukkan file pdf ke dalam memori tablet PC yang kebanyakan menggunakan memori penyimpanan NAND atau microSD atau juga bisa harddisk mini bahkan USB flashdisk. Yang penting untuk membaca isi memori penyimpanan tersebut anda dapat mengaksesnya melalui ES File Explorer yang sudah tertanam dalam komputer tablet atau sabak.