Setting kartu telkomselFlash ke Edupad 7G

Saat ini perkembangan komputer tablet sudah semakin meningkat. Salah satu pc tablet yang disebarkan dan ditujukan ke kalangan kocek terbatas sehubungan kemampuan budget saya masih pikir-pikir jika membeli Galaxy Tab yang harga bandrolannya berkisar di atas 5 juta. Tapi Ikatan Guru Indonesia melalui PT CBE (Citra Bahana Edukasi) menawarkan sejenis komputer tablet dikenal dengan sebut EduPad (sekilas mirip dengan Galaxy Tab). Edupad ini memiliki nama produk CMT7015 yang dikeluarkan pabrikan Tiongkok SinoPAD. Apalagi dengan budget ketat ingin merasakan komputer layar sentuh bersistem android.

Di dalam Sinopad yang diIndonesiakan menjadi EduPAD oleh CBE ini tertanam sistem operasi Android 2.1 memang masih setingkat berada di bawah sistem operasi Android lainnya yang lebih mashyur yakni Froyo (Fried Yoghurt) dan Honeycomb (Sisir Madu) tapi Android 2.1 ini cukup trengginas melayani kerja komputer tablet berdaya rendah. Sinopad didasarkan sumber tenaga 5000 mAh yang lebih besar dibandingkan tablet sejenis keluaran Samsung Galaxy bahkan Acer Iconian.

Yang saya paparkan disini adalah Cara mengatur manual CMT7015 yang kemudian dikenal dengan sebutan EduPad seri 7G (karena layarnya berukuran 7 inci) dengan kemampuan Mobile layaknya komputer yang bisa terkoneksi internet menggunakan UTMS atau 3G (karena didalamnya bisa ditanam simcard WCDMA untuk 3G dan CDMA2000 untuk EVDO.  Apalagi jika disuntik dengan kartu TelkomFlash yang biasanya dalam modem. Dalam Edupad 7G ini sudah terintegrasi dengan modem 3G yang memerlukan settingan khusus sebagai berikut :

Setiap android yang dipasang di telepon selular ternyata sudah terpasang otomatis setiap kali kartu SIm dimasukkan ke dalamnya. Saya menggunakan bantuan rekan muda saya yakni M. Radhi dan Yusni Rasman yang kebetulan menggunakan simCard Telkomsel dalam HP Android mereka.
Setting dimulai sesuai urutan berikut :

  1. Tekan icon Setting di desktop komputer tablet android 7G
  2. Kemudian tekan (selanjutnya dibaca “Tab” artinya sentuh) Mobile Network (diIndonesiakan sebagai Jalur Akses = sebutan ini dalam HP Android)
  3. Selanjutnya menu akan masuk ke “Mobile Network Setting”
  4. Tab (sentuh) bagian Access Point Names (jangan sentuh Network Operators = karena Android 7G akan masuk ke dalam pengaturan manual  nantinya).
  5. Setelah itu sentuh tombol “M” yang berada di panel 7G bagian kanan dan akan muncul menu di bawah layar yaitu “new APN” dan “reset to default”).
  6. Pilih “New APN” yang nanti akan masuk ke menu “APNs”
  7. Selanjutnya isikan borang tersebut sebagai berikut : Name : isi dengan Telkomsel (Cara mengisinya dengan men-tab kotak isian lalu akan muncul keyboard Android secara virtual lalu ketikan “telkomsel” tanpa tanda kutip)
  8. Kemudian isi APN dengan internet
  9. Isi Proxy dengan 010.001.089.130 
  10. Isi port dengan 8000
  11. Masukkan username : wap
  12. Masukkan password : wap123
  13. Bagian server dikosongkan (jangan diisi)
  14. Isian MMSC ketik dengan http://mms.telkomsel.com
  15. Isi MMS proxy : 010.001.089.150
  16. Isi MMS port : 8000
  17. Isi MCC : 510
  18. Isi MNC : 10
  19. Isi Authentication type : PAP
  20. Isi APN type : default,supl

Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga android anda melakukan loading ke dalam sistem dan setelah itu selamat berselancar di Internet dengan TelkomFlash KartuHALO dalam komputer tablet anda.

Setting ini hanya berlaku untuk kartuHALO termasuk dalam HP Android yang dikeluarkan pabrikan Tiongkok lainnya😀

Padahal sesungguhnya di dalam Edupad 7G ini adalah fasilitas untuk menelepon dan me-SMS tapi karena keterbatasan hasil penelitian saya kedua fungsi vital dari telepon selular tersebut masih belum bisa diaktifkan😦

Hal ini juga yang mengesankan untuk terus menyelidiki kemampuan tersembunyi dari Edupad 7G yang disalurkan oleh PT Citra Bahasa Edukasi Indonesia ini😀

Terima Kasih IGI yang sudah memfasilitasi saya untuk mendapatkan EduPad ini. Terima kasih kepada Bapak Moh. Ihsan, sekjen IGI Pusat.

#3g, #7g, #android, #android-2-1, #cmt7015, #edupad, #edupad-7g, #evdo, #igi, #ikatan-guru-indonesia, #kartuhalo, #komputer-tablet, #mms, #multimedia-messaging-service, #pt-cbe, #sistem-operasi-android, #utms