Dulu, Kini, dan Mendatang

Menurut teman saya seorang pendeta bahwa hidup ini sebenarnya sudah digambarkan melalui tenses : past, present, dan future. Yang disederhanakan menjadi dulu, kini, dan masa akan datang. Apa yang telah kita lalui sebagai sejarah adalah masa lalu, kenangan pengalaman baik pahit dan manis.

Masa kini atau hari ini adalah yang sedang kita jalani dan kadang kala kita bingung dengan yang tengah kita lakukan apakah berhasil, menguntungkan, atau bahkan merugikan.

Hasil masa kini dan masa lalu sangat mempengaruhi masa depan atau masa mendatang. Sebab belum tentu yang kita rencanakan akan berjalan mulus bahkan berjalan lancar karenanya juga perlu dipikirkan alternatif-alternatif yang menyebabkan rencana-rencana kita gagal.

Keberhasilan dan kegagalan menurut teman saya ini semua berada di tangan Tuhan, manusia hanya bisa merencanakan dan melaksanakannya tetapi Tuhan-lah yang empunya kuasa untuk mengiyakan bahkan menidakkan kejadian sesuai keinginan kita tersebut.

Dulu kita adalah debu, sekarang kita belum berarti banyak, apakah masa depan kita bisa menjadi bintang ? Itu tergantung pada Tuhan.

Selamat Hari Minggu.

#fianna-fail, #future, #hidup, #kehidupan, #kyuhyun, #life, #martial-arts, #masa, #past, #present, #roda, #seoul, #siklus, #sports, #super-junior, #tai-chi, #tak-province, #tenses, #waktu