Gerak Harmonis

Gerak harmonis adalah gerak periodik di sekitar titik setimbang. Gerak periodik berarti gerak itu terjadi secara berulang-ulang dan beraturan. Contohnya gerak ayunan pegas dan gerak ayunan bandul.
Penerapan gerak harmonis pegas digunakan untuk menentukan konstanta pegas. Sementara penerapan gerak ayunan bandul dapat digunakan menentukan percepatan gravitasi bumi secara sederhana.

Pada ayunan pegas, yang penting diingat adalah walaupun pegas tidak bergerak tetapi teregang oleh beban, pegas tersebut telah memiliki energi potensial. Jika secara teoretis dapat dihitung periode maupun frekuensi alamiahnya. Itu baru terlihat jika pegas ditarik dari kedudukan setimbangnya sehingga berayun dalam lama getaran sekitar 1 menit.

Gerak periodik pegas tersebut dapat sebagai cara untuk menyatakan fungsi simpangan, fungsi kecepatan getaran, hingga percepatan getaran pegas. Mengenai simpangan amplitudonya (simpangan dari kedudukan setimbang) setelah digantung beban.

#ayunan, #bandul, #elastic, #elastik, #elastis, #frekuensi, #gerak, #gerak-harmonik, #harmoni, #harmonik, #harmonis, #pegas, #pendulum, #periodik