Tanggapan Kelas XI 2011

Setengah tahun hampir berakhir perkenalan dan persemaian saya dengan anggota kelas XI jurusan IA di tahun 2011. Yang semula saya kira berbeda jauh dari angkatan sebelumnya (2010) ternyata kelas XI tahun ini memiliki ciri khas yaitu kesetiaannya tidak terperi dan ketaatannya tidak terbantahkan.

Sebagai contoh adalah keikutsertaan dalam klub olimpiade sains sekolah. Di tahun-tahun sebelumnya kami hanya mampu merekrut 5-6 orang saja untuk bisa mengikuti klub ini. Bahkan tahun lalu hanya 3-4 orang saja yang mengikuti klub Fisika atau astronomi. Tetapi tahun 2011 ini jauh membludak tiga kali lipatnya sampai 6 kali lipat dari jumlah normal. (Hidup normal dalam klub olimpiade adalah sedikit peminat). Dibandingkan kelas X, kelas XI hampir mendominasi semua keanggotaan klub olimpiade. Itu baru sedikit indikator yang menyatakan kelas XI tahun ini berbeda.

Juga saat saya membawa barang yang banyak, khusus kelas XI IA-3 dan XI IA-4 malah dengan sukarela membawakan barang-barang saya (dulu hanya XI IA-4 CS yang rajin seperti ini). Keadaan masih belum berjalan seperti air untuk kelas lain adalah hal yang wajar karena belum dibiasakan dan belum terbiasa.

Unsur keterlambatan dalam kelas saya masih didominasi kelas XI IA-1 yang paling sering terlambat untuk hari kamis (walaupun beberapa menit saja). Jika kelas lain sudah sehat, kadang-kadang bersaing juga dengan XI IA-2 dalam hal keterlambatan ini.

Jumlah yang belajar di kelas XI IA tahun ini juga lebih banyak dibandingkan tahun 2010. Jumlah ini sama dengan kelas XI IA pada tahun 2008.

Walaupun demikian, kelas XI IA tahun ini diharapkan memiliki kemajuan dan peningkatan dibandingkan sebelumnya terutama harapan saya untuk dapat mengikuti lomba roket air tahun 2012 kelak di Banjarbaru dan membawa regu atau grup yang jauh lebih banyak serta bisa mempersiapkan regu karya ilmiah yang mulai dilombakan dengan proyek konservasi energi di akhir semester pertama ini .