Merencanakan dan Menerapkan

Bagian dari ilmu manajemen adalah merencanakan dan menerapkan (operasionalisasi). Manajemen adalah proses melalui atau bersama-sama orang lain untuk mencapai suatu kepentingan bersama. Menggunakan cara manajemen adalah jalan ringkas atau efektif dengan mengoptimalkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang tersedia untuk mengelola kegiatan-kegiatan yang ditujukan mencapai sebuah sasaran atau target atau hasil.

Merencanakan merupakan kegiatan tahap pertama seperti mengumpulkan studi pendahuluan, mengumpulkan data-data awal, mempersiapkan bahan-bahan, mempersiapkan sumber daya manusia, mempersiapkan modal, mempersiapkan alat-alat atau kendaraan yang nantinya akan dipergunakan dalam melaksanakan operasi atau tugas.  Merencanakan hal-hal tersebut juga memerlukan proses dan tata laksana salah satunya adalah riset atau mencari tahu (bukan mencari bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai atau soya bean).

Kegiatan merencanakan atau perencanaan memerlukan perhitungan yang njlimet, ribet, susah, muyak, de el el. Mengurus tetek bengek yang seabrek-abrek yang tujuan akhirnya merupakan pertimbangan atau input masukan data yang (diharapkan) lengkap. Walaupun sering kali perencanaan bisa meleset dari idealisme awal, tetapi dengan ada perencanaan maka kegiatan operasi menjadi lebih teratur dan jelas arah tujuannya.

Menerapkan adalah praktik dari perencanaan. Penerapan atau aplikasi adalah kegiatan menjalankan segala langkah-langkah atau tahap-tahap kegiatan yang sudah direncanakan.

Meleset tentu saja mungkin dan tidak mustahil, tetapi dengan merencanakan tindakan terlebih dahulu maka kerugian atau kesalahan penerapan dapat diperkecil (atau dapat ditiadakan).

#ada, #dan-rank, #kali, #languages, #leeteuk, #management, #manajemen, #perencanaan, #planning, #programming, #seoul, #super-junior