23 Desember 2011

Blog Guru Fisika

Sebagaimana kalender Gregorian yang menyempurnakan kalender Julian yang diterapkan oleh sebagian besar negara di dunia ini, maka tanggal 25 Desember dirayakan sebagai Hari Natal.
Natal yang dirayakan tahun ini berbeda dibandingkan tahun lalu karena cuti bersamanya semakin sedikit😦 dan pada permulaan tahun 2012 nanti tanggal 3 januari 2012 sudah kembali ke kantor untuk beraktivitas demikian pula halnya dengan para pelajar dari tingkat SD hingga SMA/SMK.
Musim penghujan yang ditandai pada bulan-bulan dengan akhiran sebutan “ber” menambah semarak kemeriahaan akhir tahun 2011 ini dan semakin tinggi frekuensi hujannya yang juga semakin besar peluang terjadinya banjir di daerah-daerah rendah. Terutama di Kota Palangka Raya yang semakin hari semakin rumit ditambah bangunan-bangunan pertokoan yang mengakibatkan beberapa jalan protokol yang dulunya memiliki pembuangan air yang lancar sesudah hujan menjadi tergenang dan limbah hujan tidak segera teresap karena jalur air untuk turun ke pembuangan tertutup dengan lantai beton dan semen.
Demikianlah kemajuan sebuah kota tidak hanya di kota kami saja, sebagaimana kemajuan kota yang lain yang pernah saya kunjungi dan amati juga umumnya tidak didukung drainase yang memadai. Jika tidak ditata dengan segera maka yang ditakutkan sebagaimana papan peringatan di bantaran pengeringan Awas Kota Banjir tidak menjadi mustahil bakal terjadi di tahun-tahun mendatang.😦

Blog Guru Fisika

#2011, #desember, #hujan