Ksatria Berbaju Besi

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan pemutaran filem Superhero (Ksatria) yang berbaju zirah (Iron Man) menjadi super hero nirsenjata tombak maupun pedang pun nirpistol juga nirsenapan atau shot gun seperti The Punisher melainkan tembakan sinar elektromagnetik dari tapak tangan (ibarat tapak sakti yang menguasai ilmu tenaga dalam tingkat tinggi), di kedua bahunya mendekam meriam mikrolaser, juga dipersenjatai rudal mini berdaya ledak tinggi (tentu saja bukan nuklir tetapi komposisi padat tinggi dari black powder dan TNT). Sistem operasi dalam baju zirah dengan simulasi komputer supercepat dengan prosesor lebih cepat dari super cray atau prosesor dalam konsol video game.

Yang tentu saja untuk melayani segala kemudahan mulai kontrol mekanik agar dapat mengangkat beban berat, kontrol senjata, kontrol navigasi, daya dorong jet, kontrol penerbangan, kontrol kalkulasi dan estimasi selama mengatur strategi di dalam pakaian hingga pengaturan setting armor yang tentu saja sangat panas saat terkena matahari (saya berpikir di dalam pakaian tersebut juga ada penyejuk ruangan supaya pemakai pakaian berkekuatan ini tetap nyaman dan tepat mengambil keputusan dalam menjalankan peranannya sebagai superhero.

http://media.comicvine.com/uploads/5/52044/2038624-ironman_001.jpg

Keseimbangan dan pengaturan fasilitas-fasilitas dalam super kostum itu tentunya memerlukan energi yang mampu menghasilkan kekuatan maha dashyat yang telah diperkecil (disesuaikan dengan ukuran kostumnya seperti sebuah mangkok bercahaya) yang disebut ARC reaktor. Dengan mengambil bentuk bak akselerator inti atom sebagaimana di laboratorium fisika partikel terbesar di dunia CERN terletak di Genewa dengan sebutan Beta Generator yaitu generator partikel yang dipercepat dan terus-menerus berotasi bak baling-baling magnetik menginduksi inti logam yang menghasilkan gaya gerak listrik yang anehnya tidak terlihat panas dan melelehkan logam sebagai bahan dasar baju zirah tersebut. Apalagi generator partikel tersebut tampak berkilauan seperti lampu sorot berada di dada Manusia Baja ini.

Apalagi selain sebagai sumber tenaga, juga bertindak sebagai generator jantung Tony Stark yang rusak karena serangan teroris di Film pertama Iron Man saat di Afghanistan. Yang akhirnya Iron Man membuat pakaian bersenjata model Mesin Perang (War Machine). Ada kutipan dialog Kapten Fury sebagai pimpinan SHIELD yaitu ARC generator ini membuat reaktor nuklir berukuran baterai AAA😀

Seperti di awal cerita Iron Man 2 bahwa Tony Stark sedikit demi sedikit mengalami keracunan Paladium dalam darah yang memaksanya membuka buku catatan, film hingga maket Expo yang dibuat ayahnya Hughes Stark untuk mencari inspirasi generator ARC yang baru karena Iron Man mendapatkan rival berat dari cambuk Listrik Ivan Vanko.

Ada apa dengan inti paladium? 

Jika merujuk pada artikel berikut http://www.greenoptimistic.com/2010/06/08/palladium-core-hydrogen-fuel-cell/
Sebutan Palladium sebenarnya adalah inti logam paladium yang disisip 5 nanometer inti logam platinum yang bertindak sebagai katalis dalam generator hidrogen. Hasil dari generator hidrogen selain energi adalah air, jadi mustahil sekali inti paladium yang disisip tersebut menghasilkan energi tanpa ada pengeluaran air sebagaimana yang ditayangkan dalam film fantasi dimaksud (ini jika kita hendak memikirkannya secara realistik).
Pembahasan koin palladium sendiri dapat disimak pada tautan http://banneryourlife.blogspot.com/2011/05/iron-mans-secret-palladium-core-reactor.html
Juga sumber resmi di http://en.wikipedia.org/wiki/Palladium

 

Walau saya belum menonton Iron Man serial yang ke-3, namun saya masih berharap banyak ada hal-hal yang baru yang ditayangkan dalam film ini.

Sumber fiksi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Iron_Man’s_armor

http://www.marveldirectory.com/miscellaneous/ironmanmarkvii.htm

#fiksi, #fisika, #iron-man, #knight, #komik, #ksatria, #man-and-iron, #motion-picture-association-of-america-film-rating-system, #programming, #superhero, #tai-chi