25-12-2011

Menurut kalender Gregorian yang dianut oleh sebagian besar negara di dunia, tanggal 25 desember dirayakan sebagai Hari Natal atau hari kelahiran Yesus Kristu,s yang kemudian berkembang dan digambarkan bahwa Yesus dilahirkan di suasana bersalju dan dingin. Ada dua keadaan geografis yang dicampurkan dalam kisah ini sehingga untuk memberi gambaran sederhana, perlu diketahui bahwa Yesus lahir di Betlehem atau daerah mediterania yang tidak mengenal salju.  Daerah Mediterania ini didominasi daerah kering, tandus, berbatu-batu. Kehidupan yang keras dan panas.  Sementara gambaran natal saat ini didominasi butiran salju, bunga salju, serba dingin serba es serba beku. Padahal itu keadaan di eropa atau daerah utara berbeda dengan daerah tropis Timur Tengah.

Dengan gambaran ini patut diduga bahwa Natal sebenarnya jatuh di antara bulan Maret atau April .. wah bisa kacau liburan kalo ini disetujui😛 yah sudahlah, terima saja bahwa akhir tahun ini sebagai pengingat akan Vernal Equinox atau Soltice yang dulu zaman Paganisme di Eropa Utara sebagai pengorbanan manusia secara animisme. Masukkan kristianisasi ke wilayah Eropa untuk menghilangkan ritual persembahan manusia dan digantikan dengan perayaan natal seperti yang dilakukan masyarakat dunia saat ini.

Selamat Natal 2011 semoga cerita pendek ini tidak menjadi kontroversi dan mitos-mitos lain untuk memeriahkan dunia nyata.

#daerah, #hari, #indonesia