Hits ke Sejuta Kali

Pada malam ini pkl 22.46 waktu Hongkong, Tokyo, Seoul blog guru fisika sudah mencapai 999.972 hit yang berarti beberapa pengunjung lagi akan menggerakkan statistik kunjungan mencapai sejuta kalinya. Sebenar-benarnya payah memang mencapai sejumlah klik-klikan hingga terhitung dalam impian. Antara gugup dan senang bercampur aduk bak adonan semen sampai pada taraf berharap-harap cemas. Tapi kepastian mencapai sejumlah itu tidak dapat dihindari dan terhindarkan. Dari sekian usaha dan perjalanan hingga mencapai sejuta kedipan ini tidak terlepas dari keingintahuan dan minat para pembaca blog yang sengaja maupun yang tersesat hingga menuju blog ini. Dibandingkan dengan blog yang paling duluan saya punyai di wordpress yang masih berada seperempat langkah dibandingkan blog ini,  beberapa pengalaman menelurkan beberapa butir kesimpulan sederhana. Walaupun narablog atau blogger lain sudah membahas maupun menuliskannya, tetapi tidak salah menjelang perhitungan ke sayuto kali ini saya mengulangi lagi :

Kesimpulan dan pekerjaan menulis blog yang perlu diteruskan dan dikembangkan:

  1. Menulis isi blog diusahakan berciri khas sendiri, jikalau mengutip atau menyalin dari blog lain wajibkan menuliskan sumber kutipan tersebut lengkap dengan alamat linknya karena keuntungan bagi pengutip karena blognya nanti akan mendapat arus atau ping balik (walaupun tidak seluruhnya berjalan sebagaimana mestinya, tetapi sebagai referensi bagi narablog yang dikutip).
  2. Jika menulis topik yang sama, selalu buat perbedaan atau resume tambahan yang memperkaya tulisan narablog asal atau semula (jangan lupa juga mencantumkan link atau tautan asal tulisan tersebut).
  3. Selalulah memperbaharui tulisan walaupun hanya 2-3 paragraf saja yang diisi seminim-minimnya tiga kalimat.
  4. Buat tautan ke blog lain (walaupun tidak mengutip) untuk “memperkeruh traffic blog”.
  5. Promosikan blog atau tulisan anda melalui facebook, twitter, atau jejaring sosial lainnya.
  6. Buatkan kategori dan tags (kata kunci) dalam tulisan blog anda agar dikenal oleh mesin pencari sebagai sebuah keunikan.
  7. … silakan menambahkan sendiri …

Terima kasih atas kunjungan, komentar, partisipasi, pertanyaan, kritik hingga argumentasi. Yang telah memberikan torehan dan cubitan bagi penulis blog ini😀

Salam Perjuangan

#hongkong, #kali, #oppa, #seoul, #tokyo