Sepeda Motor Tahan Hujan

Tadi sore sewaktu kami pulang dari Banjarmasin sehubungan dengan penyelesaian kewajiban tugas akhir, di rumah makan pertengahan kabupaten Pulang Pisau kami bertemu dengan rekan-rekan guru yang menjadi kepala sekolah. Salah satu rekan kami adalah teman kuliah semasa mengikuti pendidikan MIPA di Universitas Palangka Raya yang sekarang bertugas di Bawan yang dituju melalui jalan trans Kalimantan jalur utara menuju Kabupaten Gunung Mas. Saat kami temui begitu mendarat dan berehat, Beliau mengaku baru saja mengikuti sosialisasi di Pulang Pisau dalam rangka pengelolaan sekolah dan persiapan ujian nasional tapi sedang menunggu taksi menuju Palangka Raya. Karena kami hanya berdua dan tidak ada penumpang lain, rupanya Beliau tertarik menumpang dan mengajak dua rekannya yang juga kepala sekolah dan kepala UPT Dinas Pendidikan Kahayan Hilir dalam mobil kami.
Singkat cerita, semula kami berdua dengan istri melanglang buana sekarang kami pulang berlima karena memperoleh penumpang tak terduga. Runutan ceritanya sampai mereka terdampar di Candi Laras, karena saat berangkat dari Palangka Raya ternyata mereka dihadang hujan lebat sekitar pukul 6 pagi tadi. (Yang mana kami pun menemui hambatan serupa, yaitu hujan lebat hampir membuat jalanan tak terlihat dan licin, tetapi berhubung sudah dengan tekad baja, kami tetap saja melaju dengan kecepatan di atas rata-rata menuju tujuan utama). Akibat derasnya hujan dan hambatan alam tersebut, memaksa rekan-rekan tadi menitipkan kendaraannya di tempat persinggahan dan menyewa angkutan luar kota menuju tempat penyelenggaraan sosialisasi di Pulpis.
Muncul pertanyaan saya, mengapa yang menggunakan sepeda motor harus tertahan tidak dapat terus melanjutkan perjalanan tanpa menghirau hujan?
Penjelajahan pikiran ini terus terjadi selama perjalanan menuju kota kami sambil mengendarai mobil dan mendengar cerita rekan-rekan saya yang harus mengorbankan menitip sepeda motornya sehingga menumpang mobil kami. Sesampai di rumah saya berusaha mencari istilah untuk sepeda motor yang terpasang atap atau rumah-rumahan sehingga muncul istilah motocar.

http://www.freakingnews.com/

http://www.freakingnews.com/AUDI-MOTOCAR-Pics-48074.asp

Mungkin gambaran motocar sebagaimana gambar dari forum freakingnews.com yang menunjukkan sepeda motor dipasang rumah-rumahan mobil audi. Kendaraan hibridasi roda dua tetapi tetap mampu menerjang hujan karena memiliki rumah. Sebuah alternatif untuk bergerak dengan lincah dari wilayah yang sulit dimasuki mobil dan harus melakukan perjalanan ke tempat yang jauh tanpa harus dibebani dengan memasang jaket maupun jas hujan (mudah-mudahan juga tidak memasang helm) selama di dalam rumah-rumahan ini.

https://i0.wp.com/www.blueperu.com/Resources/Graphics/moto.jpg

http://www.blueperu.com

Sudah tentu sepeda motor dengan rumahan ini telah diproduksi Tossa untuk mengangkut barang denganpenggerak sepeda motor 100 cc.  Yang mana bentuk motor Tossa tidak jauh berbeda dengan penarik angdes sebagaimana di kota Peru di bawah ini.

Ada juga menurut Blog Infoindonesia pada halaman sepeda motor roda tiga atau trike yang patut diperhitungkan untuk menerjang hujan. Namun dari sisi kiri maupun kanan, pengendara Trike tetap harus memasang jaket atau jas hujan serta motor trike ini hanya dikendarai sendirian tanpa penumpang yang dibonceng.

Rumah-rumahan kendaraan atau cabriolet bisa juga ditemui seperti gambar-gambar berikut semoga bisa memberi alternatif tetap menggunakan sepeda motor roda dua namun hujan bukan halangannya. Bisa juga segway yang diberi rumah-rumahan seperti tulisan pada blog ini

http://spectrum.ieee.org/green-tech/mass-transit/tech-in-sight

http://spectrum.ieee.org/green-tech/mass-transit

http://www.flickr.com/photos/saholm/816119809/

http://www.flickr.com/photos/saholm/816119809/

http://www.flickriver.com/groups/woodenbicycles/pool/interesting/

http://www.flickriver.com/groups/woodenbicycles/

https://fisikarudy.files.wordpress.com/2011/12/poshreviewmonotracer3.jpg?w=300

http://2.bp.blogspot.com/_RiG51wkiohY/TCRp7XOiHcI/

https://i2.wp.com/www.motorcyclespecs.co.za/Custom%20Bikes/MonoTracer%20%201.jpg

http://www.motorcyclespecs.co.za

https://i0.wp.com/www.special-classics.com/Archive/bikes/bruce.jpg

http://www.special-classics.com/Archive

https://i2.wp.com/hooniverse.com/wp-content/uploads/2010/07/Carver_One.jpg

http://hooniverse.com

https://i1.wp.com/www.gaj-it.com/wp-content/uploads/palv_6.jpg

http://www.gaj-it.com

https://i0.wp.com/www.worldofstock.com/slides/TCB1793.jpg

http://www.worldofstock.com

https://i0.wp.com/i00.i.aliimg.com/photo/v0/329983248/tricycle_with_canvas_roof.jpg

http://i00.i.aliimg.com/photo/v0/329983248/tricycle_with_canvas_roof.jpg

https://i2.wp.com/inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2011/08/rsz-zvezdan-nedeljkovic-paramoto-trike-5-537x368.jpg

http://inhabitat.com

http://future-motorcycles.com/wp-content/uploads/2009/07/2009-piaggio-ape-calessino.jpg

http://future-motorcycles.com

http://future-motorcycles.com/

http://future-motorcycles.com/

https://i0.wp.com/i01.i.aliimg.com/photo/v0/286586151/Electric_passenger_rickshaw_TEB_23.jpghttps://i0.wp.com/cdn.digitaltrends.com/wp-content/uploads/2011/09/lit-motors-c-1.jpg

#apa-aja, #bicycle, #kami, #motocar, #motocycle, #motor, #sepeda, #sepeda-motor