Latihan Soal tentang Momentum, Impuls, dan Tumbukan

Selamat Datang di Blog Guru Fisika

Menjelang pembahasan pokok pengajaran baru tentang Dinamika Gerak Rotasi maka kelas-kelas fisika akan mendapatkan tes tentang daya serap pemahaman Momentum, Impus, dan Tumbukan. Untuk meningkatkan pemahaman dan menghadapi ujian tersebut berikut adalah beberapa soal yang dapat anda latih :

  1. Benda bermassa 100 gram diberi gaya 10 N dalam waktu 0,2 sekon. Tentukan kecepatan yang dialami benda.
  2. Bola bermassa 300 gram dilempar dengan kecepatan 10 m/s terhadap dinding dan terpantul dengan kecepatan
    10 m/s juga. Jika waktu sentuh bola dengan dinding dalam waktu 0,01 sekon. Hitung besar gaya yang diberikan dinding kepada bola.
  3. Dua buah benda masing-masing massanya 2 kg dan 8 kg bergerak searah dengan kecepatan masing-masing 10 cm/s dan 12 cm/s. Jika terjadi tumbukan (dianggap lenting sebagian karena benda pertama setelah tumbukan kecepatannya menjadi 11 cm/s). Tentukan kecepatan benda kedua dan arah benda kedua setelah tumbukan.
  4. Dua benda bergerak saling mendekat (massa masing-masing benda adalah 4 kg dan 8 kg) yang bergerak dengan kecepatan masing-masing 5 m/s dan 10 m/s. Tentukan kecepatan setiap benda dan arahnya jika : a) terjadi tumbukan lenting sempurna, b) tumbukan yang terjadi lenting sebagian (e = 0,5), dan c) tumbukan tidak lenting.
  5. Benda bergerak saling berlawanan dengan massa yang identik (sama satu sama lain). Kecepatan masing-masing benda adalah 8 m/s dan 10 m/s. Setelah tumbukan benda kedua berbalik arah dengan kecepatan 6 m/s. Tentukan besar kecepatan benda pertama setelah tumbukan dan koefisien restitusi tumbukan dimaksud.

Selamat Mengerjakan ! (kunci jawaban tersedia setelah anda menyelesaikan tes pada hari selasa dan rabu, januari 2012)

#collision, #collisions, #exam, #fisika, #impuls, #impulse, #momentum, #physics, #sma, #tes, #tes-fisika, #test, #tumbukan, #ulangan, #x, #xi, #xii