Keluarga Tikus

Kamis, 26-1-2012

Ide tulisan ini terinspirasi dari kesibukan keluarga rumah tangga di pagi hari.
Setiap hari kita Bangun pagi-pagi, ada yang membersihkan rumah, memasak bersiap-siapan sarapan, membuka jendela, membiarkan udara berganti dari udara malam menjadi udara dingin pagi hari, berolah raga menggerakkan kaki dan tangan, bergoyang mengedarkan aliran darah dalam sekujur tubuh dengan senam taichi dan senam ala kadarnya sambil buang-tahan nafas untuk membangun kundalini (aliran tenaga murni di bawah pusar) hingga berkeringat lalu senam pendinginan dilanjutkan ritual mandi air hangat. Akitivtas pagi terus berlanjut dengan mempersiapkan diri, berpakaian, berdandan bagi ibu-ibu dan gadis muda, tetapi jejaka tanpa bercermin bersisir dan bersemir sambil menyemprotkan minyak wangi ke sekitar daerah lipatan keringat sebelum berangkat melaksanakan rutinitas tugas dan pekerjaan (bekerja dan berangkat sekolah). Selain itu protap yang dilakukan sebelum olah raga pagi yakni merapikan tempat tidur (membereskan dan membersihkan kamar), selimut atau sarung yang tidak terlipat dikuntal-kuntal diputar-putar dilipat sekenanya sampai terpartisi terbagi-bagi menjadi lebih solid dan kompak agar disimpan di samping ranjang atau di bawah lemari bahkan disimpan sementara dalam lemari buku. Selain itu ada pula sang ayah mencari kunci kontak, memeriksa alat transportasi yang digunakan, lalu menghidupkannya agar kendaraan hangat (warming up) supaya tidak stroke atau kejang-kejang terbatuk-batuk saat di jalan raya yang padat merayap kadang macet.
Hal serupa juga dilakukan oleh sekeluarga tikus di rumah kami yang bersembunyi dan membangun residensialnya di belakang lemari. Tikus-tikus ini berukuran sangat mini sehingga kadang kala sangat tidak terlihat tetapi suaranya saja yang kedengaran… kletak kletuk dik gidikgidikdikdik bunyi kaki tangannya bak animalia rodensia. Keluarga tikus juga memiliki kepala keluarga, ibu rumah tangga, anak-anak muda, sampai juga asisten atau anggota keluarga ikutan lain yang turut serta dalam keluarga tikus ini.
Mereka turut sibuk di pagi hari mempersiapkan diri sebagaimana aktivitas manusia induk semangnya. Mereka juga memasak, mencuci pakaian, mandi, anak-anak tikus muda juga berangkat sekolah untuk bertahan hidup.
Tikus-tikus renik ini pun bisa meniru apa saja yang menjadi habit atau kebiasaan induk semangnya.

#blawaw, #rat, #rodent, #rodentia, #tikus