Soal tentang dinamika gerak rotasi 2012

Soal-soal dinamika gerak rotasi 2012 :

  1. Sebuah memiliki panjang 80 cm dan tinggi 180 cm, jika massa benda 50 kg. Tentukan besar momen inersia pintu, besar momen gaya untuk mendorong pintu hingga berputar.
  2. Tuas dongkrak memiliki panjang 120 cm dan pada bagian ujungnya dipasang engkol berjarak 20 cm dari ujung pangkal tuas yang berfungsi sebagai poros. Jika massa tuas dongkrak sebesar 1 kg. Tentukan besar momen inersia dan momen gaya saat tuas itu diputar normal.
  3. Tongkat silinder memiliki massa 500 gram dan panjang 120 cm. Jika poros tongkat untuk diputar berada sejauh 50 cm dari salah satu ujung tongkat, tentukan momen inersia tongkat.
  4. Bola pejal bermassa 3 kilogram dan berdiameter 20 cm. Jika bola digelindingkan dan berpindah sejauh 5 meter. Tentukan besar usahanya maupun kecepatan linier bola saat menggelinding.
  5. Baling-baling terdiri dari empat bilah dengan panjang masing-masing 50 cm. Massa sebilah baling-baling adalah 200 gram. Tentukan momen inersia baling-baling tersebut.
  6. Sebuah piring cakram bermassa 5 kilogram diputar sebanyak 2 putaran per detik. Diameter piring cakram adalah 20 cm. Pada bagian poros cakram ditaruh cincin  silinder pejal bermassa 100 gram dan berdiameter 4 cm. Tentukan kecepatan sudut yang dialami cincin silinder pada bagian poros tersebut. Apakah cincin tersebut bergeser akibat rotasi cakram ? Bilamana cincin silinder bergeser dari poros piring cakram bermassa 5 kg tersebut dan disebabkan oleh faktor apa?

Demikian enam soal ini sebagai poros acuan dalam membahas dinamika gerak rotasi untuk kelas XI IA angkatan 2011/2012. Karena sebagai bahan diskusi, maka memungkinkan diperoleh berbagai macam jawaban. Jawaban ini diparipurnakan di kelas masing-masing sebab merupakan bahan diskusi kelompok mind map.

Untuk melengkapi lembar kegiatan siswa dalam mengamati gerak rotasi tongkat dan tutup kaleng serta silinder pada praktikum di kelas sehari-hari.

#business