Pernikan Moodle

Menggunakan moodle sebagai bagian dari Learning Management System diharapkan mempermudah dan mengefektifkan pembelajaran dengan memberikan bobot pembelajaran yang ajeg dan kontinum. Dengan Moodle kita bisa memberikan presentasi, penugasan, bahan ajar, tautan sumber bahan, ensiklopedia wikispace, hingga evaluasi.

Terutama pada penggunggahan evaluasi yang kami coba malam ini dengan pilihan ganda, ternyata dapat diisi dengan mengetikan soal beserta kunci jawabannya dengan Notepad. Cara memunculkan notepad bisa dengan all program pilih accesories lalu pilih notepad atau dari start klik run lalu ketik notepad pada kotak dialog yang nanti akan memunculkan aplikasi tersebut.
Setiap soal diketik berurutan disertai alternatif jawaban (bisa 4 alternatif atau 5 alternatif), cara memilih alternatif pun dapat secara multipel atau lebih dari satu pilihan. Dalam proses pengetikan dengan notepad kesalahan yang menyebabkan gagal parsing saat diimport ke Moodle karena spasi diberikan di belakang ANSWER yang dilanjutkan dengan titik dua atau dicontohkan sebagai berikut :

Jika soal ditulis seperti ini :  (ketik dengan notepad)
Variabel manakah yang menentukan kecenderungan atau kemungkinan dinamika rotasi benda :
A. pilihan jawaban satu
B. pilihan jawaban dua
C. pilihan jawaban tiga
D.pilihan jawaban empat
E.pilihan jawaban lima
ANSWER: A

Agar database menerima soal tersebut sebagai bagian dari kuis yang kita impor-kan maka antara ANSWER dan titik dua tidak boleh ada spasi, sebab jika itu terjadi maka soal di atas tidak akan diparsing untuk dimasukkan ke dalam database soal evaluasi dalam moodle.

(kami belum memasukkan hot potatoes atau quiz creator wondershare karena nanti ada kaitannya dengan MPI atau presentasi interaktif bagi siswa, apalagi untuk moodle hanya dibatasi 20 MB saja. Sementara inventori yang kami ajukan bersama rekan-rekan lain masih sangat minim).
Demikian penemuan sederhana dari pernikan Moodle pada hari ini. Semoga besok dapat pernikan yang baru.

Selamat belajar.

#blog, #blog-guru, #blogguru, #category, #e-learning, #education, #elearning, #evaluasi-moodle, #evaluasi-online, #guru, #guru-blog, #guru-moodle, #indonesia, #kalteng, #kuis-online, #moodle, #online, #palangkaraya, #programming