Pulang e-Learning

Pada hari ini kegiatan kami berdua dengan Pak Ade Dwi Putra adalah sebagai pembicara lokal untuk kegiatan sistem manajemen pembelajaran atau yang dikenal dengan LMS sebagai bagian dari e-learning. Kami memaparkan paradigma e-learning, tentang LMS atau sistem manajemen pembelajaran yang digunakan yakni moodle karena sifatnya sistem terbuka dan sudah dipasang di website sekolah sman2-palangkaraya.sch.id yang merupakan bantuan dari BTKIP Kalimantan Tengah. Antusiasme rekan-rekan guru sungguh luar biasa dari 50 yang diundang dan dapat hadir sekitar 45 orang, hal ini sangat menggembirakan karena bakal ada 45 guru SMAN-2 Palangka Raya yang bakal menekuni bidang yang sedang kami geluti sekarang.
Sampai kegiatan berakhir pukul 17.00 wib diiringi dengan desah hujan yang seakan berhenti perlahan para rekan-rekan guru ini dari yang sudah sangat senior hingga yang paling muda pulang dengan tugas membuat presentasi dari template yang kami dapatkan dari internet😀 …
Sementara para peserta pulang, saya bersama Pak Ade masih harus memeriksa kesiapan sarana untuk besok salah satunya kesiapan koneksi internet. Beruntung sekali komite sekolah kami dan bantuan dari BTKIP Kalimantan Tengah memberikan koneksi internet yang luar biasa diharapkan besok ke-45 guru ini dapat berinternet sekaligus menyelesaikan kewajibannya dari pagi hingga senja tiba.
Tak terasa malam pun berlarut dengan cepat hingga pukul 19.00, saya teringat akan keberadaan awal saya di lingkungan sekolah ini. Membaurkan diri dengan berbagai kesibukan hingga senantiasa pulang larut senja seperti hari ini tadi. Dulu sekolah ini gelap sekali dan warna dindingnya memudar, tetapi luar biasa sekarang, walaupun senja menjelang malam, gedung sekolah kami terasa sama seperti pertokoan dengan warna yang cerrah ceria dan lampu terang benderang tidak membawa kesan seram dan Ghosy😆 karena teman saya ternyata juga keder kalo bermain komputer sendirian di lab komputer (sementara saya dulu masih suka sendiri di lab fisika pojokan sekolah yang terkenal gothic dan mampu membuar merinding perbulutangkisan).
Ya, SMAN-2 Palangka Raya sekarang sudah berbenah dan sungguh ciamik warna gedungnya di malam hari saat pancaran senja ditemaram bulan separu purnama. Pemandangan yang meleset jika tidak diabadikan secara fotografis. Hendak saya abadikan ternyata hape saya juga lemah karena batereinya tergerus waktu lupa di charge😀
Senja yang merindukan di SMADA Palangka Raya ! Akankah kutemui esok hari ?

#aja, #asal, #e-learning, #elearning, #jeritan, #kenangan, #kerinduan, #ngasal, #palangkaraya, #senja, #smada