Belajar secara online

SMAN-2 Palangka Raya pada tahun 2012 ini dipersiapkan sebagai salah satu sekolah binaan BTKIP Kalimantan Tengah dalam rangka rintisan sekolah berbasis teknologi informasi. Salah satu bantuan BTKIP Kalimantan Tengah melalui penyediaan web hosting sekolah yang termasuk di dalam hosting tersebut adanya fasilitas perpustakaan digital, manajemen sistem pembelajaran (LMS) atau elearning, sms gateway.
Melalui fasilitas TIK yang dirintis secara mandiri oleh sekolah ini sejak tahun 2007 lalu, semakin lama perhatian pemerintah untuk mendukung dan menyuntik sekolah dengan bantuan infrastruktur teknologi informasi semakin kencang dan kuat.
Akibat nyata dari dukungan tersebut telah diadakan pelatihan untuk 50 orang guru agar dapat memanfaatkan web elearning sebagai kelas virtual atau kelas online berbasis Moodle. Pelatihan itu berlangsung selama 2 hari (3-4 Februari 2012) yang diakhiri dengan memasukkan sebagian besar kursus dasar ke dalam web ini http://sman2-palangkaraya.sch.id/elearning. Dari 50 guru yang ikut serta sekitar 48 orang sudah dipastikan dapat mengakses borang yang disiapkan staf TIK SMA Negeri-2 Palangka Raya. Kami juga berterima kasih kepada para guru seluruh Indonesia melalui jejaring Blog Guru Indonesia yang telah menyediakan template powerpoint mata pelajaran interaktif yang digunakan para guru kami sebagai bahan latihan membuat konten bahan ajar yang nantinya diisi ke dalam situs elearning SMAN-2 Palangka Raya ini. Saya bersyukur pula dengan bantuan rekan-rekan guru yang tergabung dalam PSB-PSMA juga menyediakan tutorial membuat konten bahan ajar serta ada yang rela berbagi ikhlas memberi template buatannya secara gratis dan cuma-cuma untuk kami pergunakan berlatih.
Ternyata belajar online juga sedang dialami oleh para guru se-Indonesia dan itu yang membuat para guru tempat kami betah berlatih menyiapkan konten bahan ajar dan LMS ini sampai sore (dari pukul 7.30 – 17.00 wib) walaupun terasa menyiksa karena panas dan penat, tetapi semangat para guru SMAN-2 Palangka Raya seakan tak lekang oleh kebosanan😀
Semoga semangat ini terus terasah dan terus bangkit seiring kemajuan global.

#belajar, #blog, #btkip, #guru, #ict, #indonesia, #jabar, #jateng, #kalteng, #keguruan, #kelas, #konten, #lms, #lpmp, #moodle, #online, #palangkaraya, #psb, #psma, #tik, #virtual, #webblog