Seleksi Mahasiswa Baru Nasional jalur undangan 2012

SNMPTN jalur undangan 2012 sudah dibuka sejak tanggal1 februari 2012 hingga 28 februari 2012 secara online.  Hal yang serupa juga dilakukan untuk SNMPTN jalur tertulis yang dibuka setelah pendaftaran jalur undangan ditutup.  Pemilihan calon mahasiswa untuik sekolah dengan akreditasi A mendapatkan kuota sampai dengan 50% dari masing-masing kelas. Kuota 50% dari setiap kelas artinya jika dalam suatu kelas ada 40 siswa maka yang dipilih adalah siswa yang masuk peringkat 20 besar (karena semua daftar nama siswa juga dimasukkan dalam pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan ini dalam borang elektroniknya). Pemeringkatan calon mahasiswa yang direkomendasikan sekolah untuk didaftarkan melalui SNMPTN jalur undangan terjadi pada setiap kelas atau jurusan masing-masing bukan jurusan paralel. Seperti di sekolah saya ada 5 jurusan IPA, 3 jurusan IPS, dan 1 jurusan Bahasa. Maka pemeringkatan siswa dilakukan per kelas tersebut dengan kuota 50% tadi.

Berarti semakin banyak jumlah siswa dalam satu kelas, maka semakin banyak juga kuota yang dapat dimasukkan dalam SNMPTN Undangan online ini. Tetapi perlu diingat ini baru seleksi nasional, belum sebagai final pasti diterima menjadi mahasiswa di PTN se-Indonesia yang tergabung dalam SNMPTN karena ada lagi pertimbangan-pertimbangan lain yang menyebabkan seorang siswa SMA kelas XII dapat diterima melalui jalur undangan ini pada PTN yang diinginkannya atau dipilihnya.

Sebagai bahan seleksi yang digunakan adalah nilai-nilai rapot untuk mata pelajaran yang di-UN-kan, sebab dalam daftar isian borang online saat mendaftarkan sekolah ada bagian apakah sekolah yang didaftarkan ini mengikuti ujian nasional atau tidak. Nilai rapot yangdisiapkan berdasarkan semester 3, semester 4, dan semester 5. Juga dimasukkan KKM (kriteria ketuntasan minimal) mata pelajaran yang di-UN-kan tersebut khusus untuk semester 5.

Karena kejujuran pengisian data itu penting, sebenarnya validitas pengisian data ini pun rentan terhadap kecurangan atau pengisian data yang tidak sebenar-benarnya. Saya pribadi masih bertanya-tanya, bagaimana supervisi program SNMPTN Online ini agar jauh dari hal-hal yang merugikan calon mahasiswa? Tetapi tentu saja supervisi ini baru akan ditindaklanjuti pada SNMPTN Online 2013 dan bukan saat ini. Karena itu memang perlu kejujuran tingkat tinggi dari para pengisi pendaftaran SNMPTN Online jalur Undangan 2012.

Bagian yang tidak kalah penting dari SNMPTN jalur Undangan adalah pendaftaran Bidik Misi atau program beasiswa yang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang sudah diterima di PTN se-Indonesia (sudah melewati seleksi sebagai mahasiswa) yang juga bisa didaftarkan bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN Online 2012 ini.


Masih ada SNMPTN Online jalur ujian tertulis, itu jawabannya jika saya diberikan pertanyaan Bagaimana untuk kami yang peringkatnya tidak masuk 50% kelas. Jalur undangan SNMPTN sebenarnya diberikan kepada calon mahasiswa yang memang peringkat teratas dalam kelasnya masing-masing, terpandai di kelasnya masing-masing, dan tentu saja memiliki kemampuan benar-benar sebagai seorang mahasiswa. Bukan karena fasilitas atau kemampuan finansialnya saja, melainkan komitmen sebagai seorang mahasiswa sudah terlihat pada naik turunnya nilai rapot dan kesungguhannya sebagai pelajar dapat terlihat pada nilai-nilai rapotnya (semester 3 – semester 5 tersebut).
Pilihan menjadi mahasiswa tidak hanya terbatas melalui SNMPTN Undangan maupun tertulis, juga nanti ada jalur ujian masuk lokal di perguruan tinggi masing-masing. Seperti UI melalui jalur penerimaan SIMAK UI, UGM melalui UM-UGM, Unlam melalui SMUT UnLam. Dan banyak lagi macamnya bentuk penerimaan calon mahasiswa baru 2012, jadi jangan kuatir jika anda memang “belum beruntung” dalam rekrut calon mahasiswa yang direkomendasi sekolah untuk mengikuti SNMPTN Online jalur undangan 2012 ini.

Apakah yang terpilih pada jalur undangan SNMPTN Online ini pasti diterima ?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan dan saya dengar. Jawaban saya, kemungkinan diterima melalui SNMPTN Online jalur undangan bergantung dengan persaingan dari kompetitor lain (yaitu dari sekolah lain). Kemungkinan diterima atau lulus lewat jalur undangan ini pun masih fifty-fifty belum ada jaminan kepastian. Sebab tergantung dengan jurusan atau program studi yang dipilih oleh calon mahasiswanya. Jika jurusan atau program studi tersebut tergolong “ketat” atau saya sebut jalur “premium” ya tentu saja akan menjadi rebutan para calon mahasiswa, banyak yang mendaftar di jurusan tersebut sehingga persaingannya menjadi berat. Tentu saja yang nilainya tidak memenuhi passing grade jurusan akan terlontar atau tidak terpilih sebagai mahasiswa baru pada jurusan yang dituju.

Bagaimana trik memilih jurusan di Jurusan atau Program Studi Perguruan Tinggi (melalui jalur online) ?

Perhatikan jumlah peminat tahun lalu dan bandingkan dengan kursi yang tersedia pada tahun ini di jurusan atau program studi yang anda inginkan. Jika perbandingannya di atas 40%, maka bersiap-siaplah anda menghadapi persaingan yang ketat. Tetapi jika perbandingan antara peminat tahun lalu dan kursi yang tersedia tahun ini di atas 60% maka besar kemungkinan anda akan dipilih dalam program studi atau jurusan yang anda tuju tersebut. (Ini prediksi saya, karena perbandingan yang sesungguhnya antara peminat yang sudah mendaftar online pada suatu jurusan tertentu dibandingkan dengan jumlah kursi yang tersedia pada jurusan tersebut tidak pernah ada dalam tercantum situs seleksi kecuali jumlah pendaftar pada setiap jurusan yang diseleksi berdasarkan tahun sebelumnya).

Harapan saya semoga yang mengadu keberuntungan melalui jalur undangan SNMPTN Online 2012 ini mendapat informasi yang cukup untuk mempertimbangkan keputusan yang diambil dalam memilih jurusan atau program studi serta kemungkinannya lolos menurut peringkat kelas masing-masing.

 

#isian, #kuota, #mata-pelajaran, #seleksi, #ujian-nasional