Kelas Try Out

Kemarin adalah hari terakhir try out ke-2 di sekolah kami. Mata pelajaran yang cukup “menggetarkan” bukan karena tingkat kesulitannya tetapi karena salah satu bagian yang diujikan memerlukan persiapan yang sangat matang disebabkan berhubungan dengan indra pendengaran adalah uji mendengarkan alias LC (listening comprehension).

Acara LC ini sangat mendebarkan karena diperlukan sarana spiker yang cukup peka dengan kejelasan narasi vokalisnya sangat menentukan keberhasilan pelajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diujikan. Syukurlah ujian tersebut berjalan dengan baik dalam 15 ruang ujian yang tersedia dengan tingkat kepekaan spiker internal yang semakin diperbaiki. Yang memang sebaiknya agar semua peserta dapat mendengarkan dengan sempurna, tetap saja idenya ada pemutar kaset di dalam setiap kelas beserta speakernya (biar ideal). Membutuhkan biaya besar, ya tentu saja karena itu tanggung jawab pengelola sekolah.

Keberadaan kelas yang cozy dan sejuk juga mendukung keberhasilan peserta didik dalam menyerap pelajaran serta menyelesaikan ujian sebagai tugas mereka. Untuk itu memang diperlukan perhatian dan keseriusan para pengelola sekolah menyediakan prasarana semacam ini. Supaya celoteh-celoteh mereka (para siswa) tidak hanya memerahkan kuping saja, tetapi dipandang sebagai kritik segar yang mereka ungkapkan entah dalam lagu atau tulisan di whiteboard sebagaimana galeri berikut yang saya ambil dari ruang ujian nomor 3.

#listening-comprehension, #mata-pelajaran, #peserta-didik, #sejuk