Ujian Kompetensi Awal

Pada tanggal 25 februari 2012 ini nanti, tepatnya hari Sabtu. Di seluruh Indonesia dilaksanakan secara serentak uji kompetensi awal bagi para guru yang akan mengikuti program sertifikasi. Sertifikasi guru dimaksudkan untuk menetapkan bahwa seorang guru memang benar memiliki kompetensi sesungguhnya sebagai guru profesional. Tuntutan ini sudah dinyatakan dalam UU Pendidikan Nasional yang terus menerus diperkuat dengan peraturan pemerintah.

Rekan-rekan saya yang baru saja berlatih meningkatkan kemampuan TIK-nya beberapa minggu yang lalu juga tampak bersemangat untuk lolos pada UKA yang sempat menjadi polemik sebab tidak memiliki payung hukum dan banyak dicecar oleh organisasi guru sebagaimana diberitakan di media massa. Terlepas dari polemik tersebut, adanya UKA ini justru memacu guru-guru muda bahkan yang sudah sepuh, untuk mengupgrade atau bahkan memanggil kembali semangat mereka di awal jatuh cinta dalam profesi keguruan untuk lolos dan berhak mengikuti sertifikasi tahun 2012 ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Yang diujikan dalam UKA ini sebagian besar sudah tersedia di internet. Antara lain yang saya perhatikan mengenai teori-teori belajar, teori evaluasi atau penilaian hasil belajar, proses pembelajaran hingga proses psikologi dalam pembelajaran, proses menilai dan administrasi pembelajaran hingga penilaian, cara membuat instrumen penilaian, termasuk akhirnya membuat silabus, RPP, sampai analisis hasil ulangan termasuk menggunakan alat bantu komputer dalam pengajaran.

Semoga berhasil untuk Ibu Yosa, Ibu Nurul, Ibu Suchiana, dan Ibu Eko Sri Sudarmi yang mulai getol di dalam lab komputer SMAN-2 Palangka Raya.

 

#dari-persian, #government, #guru-guru, #indonesia, #pendidikan-nasional, #smada, #teori-belajar, #uji-kompetensi, #uka