Fluida Statis

Selama seminggu mendatang selama liburan, tidak ada hal lain yang lebih seru selain memainkan game melalui browser yaitu War of Legends. Tetapi Show must go on, yang artinya mulai minggu mendatang pokok bahasan pelajaran di kelas tidak lagi berkutat dengan masalah titik berat melainkan beralih ke bagian Fluida Statis.

Fluida adalah sebutan untuk zat alir. Statis berarti diam. Fluida statis bermakna fluida atau zat alir yang tidak bergerak. Hal-hal yang dibahas dalam Fluida statis ini yaitu mengenai massa jenis, tekanan zat cair, hukum Pascal, tekanan hidrostatis, bejana berhubungan, hukum Archimedes, gaya apung, tegangan permukaan, kapilaritas. Eksperimen yang dilakukan bisa menghubungkan zat cair antar pipa yang berbeda luas dan penampang, menentukan massa jenis benda, mengukur massa gas dalam ruang atau tabung, bahkan bisa digunakan menentukan tekanan udara yang semakin meningkat ke atmosfer.

Satuan yang digunakan adalah satuan tekanan (pascal, N/m2, atmosfer, psi), satuan volume (liter, dm>sup>3,m3, mililiter), satuan gaya (newton, dyne).
Yang dapat disiapkan adalah botol-botol bekas air mineral, pipa penghubung, soket penghubung, perekat, meteran atau penggaris, dan tentu saja air. Bahan-bahan bekas ini nantinya digunakan untuk membangun bejana berhubungan atau aplikasi tekanan berdasarkan hukum Pascal.
eksperimen mulai dilakukan pad tanggal 22 maret 2012 di kelas XI IA-1 dan seterusnya.