Ujian Sekolah

Kemarin adalah hari pertama memasuki ujian sekolah, tidak biasanya bagi para peserta yang sebelumnya hadir pukul 08.00. Karena kemarin pembuka rangkaian ujian semua kegiatan dimulai pukul 07.15 itu pun lumayan banyak yang datang terlambat. Dipercepat 15 menit mengingat ritual ujian nasional juga demikian.

Hingga pada jam kedua mata pelajaran Bahasa orang Inggris yang mengesankan adalah mata ujian LC atau mendengarkan, karena apa yang katanya Not printed on your test book malah tertulis dengan gamblang dan jelas di dalam soal tersebut. Jika semua pertanyaan reading dan pemahaman paragraf memiliki alternatif pilihan sampai huruf e, ternyata di LC ini hanya sampai huruf d. Sepertinya ujian sekolah tahun depan harus benar-benar dipersiapkan tim pembuat soalnya. Padahal semenjak tahun 2005 pembuatan soal ujian sekolah sudah terpusat di Dinas Pendidikan daerah kabupaten/kota masing-masing, masih juga harus berkutat dengan hal-hal yang lolos dari editorial soal tes.

Hari kedua ini ujiannya adalah Matematika dilanjutkan dengan Fisika, Ekonomi, dan Bahasa Jepang. Mudah-mudahan ada peningkatan dan perbaikan dibandingkan ujian kemarin.

Yang menegangkan adalah para peserta ujian, karena seusai mereka mengembalikan lembar jawaban dan bersalaman. Terasa sekali tangan masing-masing siswa ini mendingin seolah sudah memegang es.