Hubungan Kesetimbangan,Titik Berat, dan Fluida

Ketiga aspek pelajaran fisika di atas gunanya agar para siswa kami dapat membangun roket yang mantab dengan tujuan perlombaan roket air tingkat regional kalimantan yang akan diselenggarakan di Banjar Baru pada Mei 2012.
Setiap aspek berkaitan dengan kesetimbangan roket terutama dalam mendesain titik berat dan letak porsi kesetimbangan roket selama airborne. Titik berat ditentukan dari bentuk sayap dan rancangan badan roket yang tidak bisa dibuat terburu-buru tetapi dipersiapkan dari saat ini. Fluida adalah zat alir, yang menjadi bahan bakar pendorong roket dalam lomba adalah air. Tetapi untuk membuktikan kesetimbangan roket dan titik beratnya, bahan bakar roket dapat disusup dengan cuka dan soda kue pada campuran yang tepat. Selain itu roket air memerlukan mekanisme peluncur yang tepat (refleksi dari keikutsertaan tim SMAN-2 Palangka Raya pada lomba sejenis maret 2011) sehingga perlu dibuat persiapan yang hati-hati.
Fluida zat alir berupa air akan dikompresi melalui tabung distribusi udara dengan tekanan pompa angin disalurkan ke dalam tabung botol plastik ukuran 2 liter sehingga pada tekanan 120 psi akan melesat dan mencapai target sasaran sekitar 50-60 meter.

#banjarbaru, #banjarmasin, #fisika, #fisika-unlam, #lomba-roket, #mahasiswa, #perobaan-roket-air, #roket-roketan, #siswa, #sma, #unlam