Diskusi kelas XI

Minggu ini adalah minggu yang penuh keragu-raguan setelah sekian lama kelas XI ini terikat dengan masa liburan, dimulai dari try out bersama, dilanjutkan ujian akhir sekolah dan yang terakhir rapat anggota tahunan koperasi pegawai negeri. Keraguan itu memunculkan kemalasan yang berimbas pada pemanasan global yang tidak menyeluruh pada sistem kondusivitas pembelajaran di kelas XI.
Hal ini membawa angin samping yang tidak terlalu baik bagi pembangunan kekhasan pelajar di kelas tersebut. Salah satu diskusi yang membawa kebangunan walaupun belum seluruhnya siswa ini dikatakan bangkit adalah analogi tekanan udara terhadap tekanan benda pada lantai yaitu pengaruh berat meja terhadap tekanan pada lantai yang ditempatinya.
Seandainya ruang kelas merupakan kubus berisi udara dan massa udara diketahui bernilai 1,2 kg/m3 maka dapat ditimbang bahwa ada lebih dari seratusan kilogram udara yang ditampung dalam ruang kelas tersebut.
Bagaimana seandainya pompa yang terbuat dari pipa PVC diberi klep kemudian didorong udara di dalamnya yang dialirkan ke dalam botol plastik tentu akan memberi tambahan udara kepada botol plastik yang tidak disambung dengan udara luar.
Kaidah berpikir sederhana inilah sebagai salah satu pencetus semangat pelajar untuk bereksperimen dan melamun dalam khayali fisika.
Diskusi kedua pada hari ini adalah mengajak para siswa mengukur luas permukaan ban kendaraan bermotor, bisa sepeda motor, bisa juga mobil yang bersentuhan langsung dengan tanah. Pengamatan tersebut akan diperoleh data luasan roda ban dari masing-masing kendaraan. Dengan mengasumsikan massa kosong kendaraan itu dapat ditentukan tekanan yang diberikan kepada tanah. Tentu saja kendaraan tersebut belum diperhitungkan beban maksimum saat dinaiki.
salah satu contoh adalah kendaraan Honda Revo yang keadaan kosong menampung beban mesin dan aksesorisnya sebesar 89 kilogram dan setelah ditunggangi mampu menanggung beban 160 kilogram. Nah, tentu saja luasan tapak roda yang bersentuhan dengan jalan pada keadaan ini belum diukur dan dapat menjadi percobaan selanjutnya.
Dengan catatan bobot siswa yang menaiki kendaraan tersebut sudah diukur sebelumnya dengan timbangan badan.

#belajar, #diskusi, #fisika, #ilmu-alam, #kelas, #palangkaraya, #percobaan, #rabu, #selasa, #smada, #tugas, #xi