Takezo Shimmen

Nama tidak dikenal walaupun memiliki keahlian pedang yang mumpuni dan meninggal pada usia 61 tahun sebagai seorang empu yang tidak terkalahkan. Takezo setelah ditawan Takuan Soho kemudian dipenjara di Higawara selama tiga tahun lahir kembali menjadi seorang pendekar samurai kawakan dengan berguru pada alam dengan sebutan Musashi.
Musashi dari Miyamoto atau Miyamoto Musashi No Kami Fujiwara yang banyak disebutkan di wikipedia dan berbagai video cuplikan yang menceritakan kisah perjalanan pendekar pedang panjang Jepang yang pernah hidup di negeri matahari terbit dari tahun1584 hingga 1645.
Novel Miyamoto Musashi ditulis oleh Eiji Yoshikawa dan diterbitkan pada tahun 1935 menginspirasi kekaisaran Jepang untuk melakukan ekspansi ke wilayah Cina dan Korea hingga akhirnya menjadi salah satu negara yang terlibat perang dunia di Pasifik. Kisah Musashi ini salah satu faktor pencetus dorongan tumbuhnya Bushido sebagai the way of life generasi Jepang tahun 30-40 an.
Semangat pantang menyerah dan mengikuti keinginan alam itulah yang menjadi dasar perubahan pola pikir menuju kebebasan sebagaimana cita-cita dalam lagu Gaedemus Igitur yang selalu dinyanyikan saat wisuda dan penerimaan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi di seluruh dunia.
Bagaimana hasil kajian anda setelah membaca ebook Musashi yang pernah diterbitkan Gramedia tahun 1982 dan dijadikan ebook oleh KangSuzi sebanyak 807 halaman ini?

#miyamoto, #musashi, #no-fujiwara