Balon Panas

Bagaimana membuat balon panas ? Sebagaimana teori yang diberikan oleh Archimedes, balon panas bekerja seperti fluida. Bedanya balon panas menampung udara yang dipanaskan karena udara di dalam balon hangat maka massa jenisnya menurun sehingga terjadi gaya angkat.

Yang dibutuhkan untuk membuat balon udara sederhana ini adalah lembaran plastik kresek bekas, kawat email, kawat pengikat kecil, lem, selotip (isolasi), gumpalan kertas atau gumpalan kain, sedikit petrol atau spiritus, hair dryer untuk meniupkan udara hangat ke dalam balon sebelum memulai penerbangan.
Ukuran yang dibuat cukup yang kecil karena jika yang besar bisa menimbulkan potensi bahaya kebakaran (just in case untuk demonstrasi). Selalu sediakan alat pemadam kebakaran jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Atau persiapkan pemadam kebakaran.
Lebih meriah lagi jika balon udara ini terbuat dari plastik warna-warni dan diterbangkan di malam hari, perhatikan nyalanya di udara.😀 Sebaliknya balon udara tanpa api pemanas dapat menjadi parasut.

Berikut adalah petunjuk membuat balon panas sederhana.

Perhatikan blog berikut : klik ini

Sesuai dengan kriteria benda yang terapung (float), melayang (submerged), atau tenggelam (sunk). Kesegaran telur ayam atau telur itik dapat diketahui berdasarkan kondisinya saat berada dalam air. Tetapi hal ini tidak akan dilayani oleh penjual telur karena akan membuat mereka merugi😀