Setelah UN SMA berlangsung

Ujian nasional SMA/MA/SMALB/SMK baru saja dilalui yang berakhir pada tanggal 19 april 2012 yang lalu dan minggu depan UN SMP/MTs/SMPLB atau yang sederajat akan berlangsung mulai besok, 23 april 2012 hingga empat hari mendatang. Bantuan berbagai pihak untuk menyukses UN yang dihelat akbar ini sungguh besar, salah satunya dari media massa yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat melalui BTKIP untuk disebarluaskan kepada para siswa melalui program Koran Masuk Kelas yang digagas oleh KaltengPos (Jawa Pos Grup).
Selama UN berlangsung tidak henti-hentinya soal beserta pembahasannya dipublikasikan melalui koran ini dan saya sungguh berterima kasih atas perhatian kepada para peserta UN bahkan untuk adik-adik kelas mereka yang akan menghadapinya tahun depan. Tetapi pada tanggal 20 april 2012 pada pembahasan yang diberikan oleh sebuah lembaga pendidikan privat di kota ini, saya sungguh merasa prihatin dan bertanya-tanya.
Mengapa soal UN yang baru saja berakhir tanggal 19 april 2012 sudah dibahas dan dipublikasikan di koran, sementara UN susulan belum berlangsung? Beberapa rekan-rekan guru juga menyayangkan hal ini, terlepas dari ketidaktahuan beliau-beliau atau pihak yang menayangkan kunci jawaban atau penyelesaian soal UN tersebut di media massa?

Perlu diketahui bahwa tahapan UN masih belum usai (dan sungguh tidak elok atau tidak etis) jika ada pihak-pihak yang mempublikasikan penyelesaian untuk soal-soal yang baru saja diujikan. Walaupun soal UN itu ada 5 paket dan nanti yang keluar juga tidak sama, itu semua masih dalam batasan MUNGKIN. Biar bagaimana pun, berikan saja latihan soal maupun pembahasan UN tetapi jangan melibatkan soal yang baru saja diujikan karena akan ada efek HALO terhadap calon peserta UN susulan lainnya yang menyebabkan hasilnya juga tentu akan lebih menguntungkan peserta ujian susulan. (walau hal ini juga sebenarnya sangat diharapkan oleh para peserta UN susulan).

Mengingat tahapan UN ini belum selesai hingga selesainya proses scanning atau pemindaian lembar jawaban, pengolahan nilai sampai pada pengumuman hasil UN 2012. (Sementara Universitas Palangka Raya dijadwalkan pemindaian selesai hingga 30 april 2012 sampai semua UN SMA-SMP selesai dilaksanakan dan dikumpulkan oleh para pengawas/pemantau dari perguruan tinggi).
Saya sendiri pun sebagai seorang guru fisika tergelitik untuk menampilkan solusi atas soal UN Fisika SMA, tetapi dalam hati saya, sungguh saya orang yang gila publisitas atau narsis seandainya saya segera menyebarluaskannya solusi tersebut seusai UN, karena hal ini dapat merugikan peserta UN yang sudah selesai mengikuti ujian dan dapat menguntungkan pihak lain atau dengan kata lain telah dilakukan secara tidak sengaja “pembocoran soal” karena ketidaktahuan pihak-pihak ini.
Maka seyogianya, tahan diri saja dulu untuk tidak menampilkan pembahasan atau solusi atau apapun itu selama UN susulan SMA yang belum diselenggarakan, terlebih-lebih jika UN SMP sudah selesai maka langsung pula terbit solusi UN SMP sementara UN susulan untuk siswa SMP pun belum dilaksanakan. Atau yang lebih bermakna, bertanyalah dengan Dinas Pendidikan setempat apakah dibenarkan mempublikasikan solusi ujian nasional di media massa yang sifatnya masif.
Pertanyaan dilema : Di awal pelaksanaan Ujian Nasional semua pihak berharap tidak ada kebocoran soal UN, tetapi apa yang dilakukan sehari selesai UN dengan mempublikasikan kunci jawaban (mungkin saja berbeda dengan kunci jawaban sebenarnya) bisa menyesatkan dan malahan MEMBOCORKAN SOAL UJIAN?

#etika, #etika-jurnalisme, #etis, #jurnalisme, #solusi-un