Hasil Presentasi Fluida Statis

Dari seminggu yang lalu saya mengamati, menilai, sekaligus menyetujui atau tidaknya judul, handout hingga presentasi dari siswa kelas XI IA-1 hingga XI IA-4 saya menyimpulkan dari sebagian kecil perjalanan ini.
Sebagian besar siswa sudah sangat terampil menyusun presentasi (berkat pengalaman di kelas X atau pengalaman dari mata pelajaran lain kemungkinannya), selain itu kecekatan dan kegigihan siswa sangat terlihat pada kelas-kelas yang ada.
Kelas XI IA-2 sebagai pembuka sudah mempersiapkan perangkatnya sejak senin, 23 april 2012 walaupun masih diliputi kebingungan sampai malam tetapi yang mereka bawakan pada awal minggu lalu cukup memuaskan. Hingga kemarin hanya tersisa 5 orang yang belum melakukan presentasi kelas atau presentasi individual untuk menunjukkan hasil pekerjaanya.
Kelas XI IA-4 semua siswanya juga sudah mempersiapkan judul dan handout, hanya karena kesempatan untuk melakukan presentasi harus dilakukan “mencuri-curi waktu” di kala pelajaran senggang sehingga tidak semua siswa dapat tampil maksimal dan masih tersisa cukup banyak untuk ditampilkan besok pagi di kelas XI IA-4.
Untuk kelas XI IA-3 merupakan kelas yang cukup menghebohkan karena mereka berbondong-bondong satu kelasan untuk mengajukan judul dan handout sehingga saya kewalahan mengantisipasi gelombang astaga yang datang silih berganti bergulung-gulung ke kantor hingga ke kantin untuk memperbaiki presentasinya. Di kelas astaga IA-3 ini sudah tampil sekitar 7 orang yang kesemuanya mendapat nilai di atas 80-an (sungguh mengesankan) dan presentasi individu akan dilanjutkan di kelas serta menggunakan kesempatan senggang di kala pelajaran tersisa.
Untuk kelas XI IA-1 konsultasi yang awalnya dimulai dengan kesiapan judul dilakukan santai di bawah kerindangan pohon selama dua hari dan syukur semua siswa mendapat judul yang cocok dan mulai mengerjakannya perlahan-lahan dengan baik. Rupa-rupanya karena kelas XI IA-1 telah hafal betul dengan isi novel Musashi, kelas ini adalah kelas tersabar dan paling tahan “menderita” dibolak-balik tanpa keluhan yang terdengar setelah dikomentari kekurangan yang mereka susun dan terus melakukan perbaikan demi perbaikan serta ada peningkatan kualitas dari segi pikiran, kualitas dan terutama perilaku menghadapi tekanan. Ini yang perlu dipelajari oleh kelas-kelas lain yang juga hidup tumbuh bersama di SMAN-2 Palangka Raya. Saya percaya bibit-bibit dari kelas XI IA-1 ini kelak akan menjadi orang-orang yang tahan banting dan bermental baja walaupun setiap kali istirahat snack kesukaan mereka hanya keripik singkong😀
Semoga minggu depan berjalan dengan baik untuk siswa yang belum tampil memberikan presentasinya dan ada peningkatan mutu penulisan handout maupun paparan presentasinya. Oh ya, presentasinya juga makin jago dengan dibalut powerpoint sederhana. Motto minggu ini:
Di balik kesederhanaan ada kekuatan yang sebenarnya.

#fisika, #fluida-statis, #ia, #kelas-xi, #languages, #palangkaraya, #presentasi-individual, #programming, #wajib