Kinetik gas

Pembahasan mengenai teori kinetik gas masih sebatas perhitungan kasar dan belum dapat dihitung secara akurat karena pergerakan partikel gas yang acak. Tapi dengan asumsi bahwa partikel gas ini memenuhi kriteria gas ideal, maka perhitungan yang diajarkan dalam Kinetik gas diasumsikan cukup memadai sebagai peletak dasar pemahaman tentang gerak partikel dalam ruang berdasarkan parameter Tekanan, Suhu, dan Volume.
Kinetik gas diejawantahkan melalui munculnya tekanan setiap kali gas dipompa masuk ke dalam wadah (yang sudah ditentukan ruangnya atau volumenya) kemudian gas ini dimanipulasi melalui penaikan atau penurunan suhu yang juga bergantung terhadap suhu lingkungan.

kinetic theory

bagan konsep teori kinetik gas

Kelak dalam termodinamika akan dibangun konsep sistem dan lingkungan yang berkaitan dengan perilaku gas berdasarkan pengaruh tekanan, suhu, dan volume ini.
Tugas anda sebagai bagian pemahaman lanjutan teori kinetik gas adalah mengumpulkan catatan jenis-jenis partikel yang dalam keadaan suhu kamar bersifat seperti gas (fluida atau zat alir).
Dilanjutkan perilaku gas monoatomik dan diatomik.

Simulasi Partikel Gas

Program Simulasi Gas

simulasi dari PhET Colorado tentang Gas dan lainnya 

Jika simulasi di atas tidak dapat dijalankan karena Program Java dalam komputer anda belum diperbaharui.

Kinetic Modeling

Model of Kinetic Gas Particles

Gas Properties
Click to Run