28-05-2012

Tart Sehat dari XI IA-4 bingkisan Lidya, Intan, dkk

Tanggal ini merupakan tanggal yang bersejarah dalam kehidupan saya, yang terus dikenang (ternyata) bukan oleh saya pun tetapi juga oleh orang-orang yang bergaul dekat dan berada di sekitar saya. Selain istri dan anak-anak serta keluarga yang tidak kalah seru dalam memperingati hari bersejarah ini justru para siswa, alumni, dan teman-teman saya di dunia pertemanan maya.
Sekitar 39 tahun lalu pukul 12.56 wib di sebuah kota di jawa timur lahirlah seorang bayi yang kemudian hingga saat ini telah menjadi guru fisika di Palangka Raya.
Yang meriahnya sejak tahun 2002 sampai sekarang bukan saja karena seolah-olah saya memiliki kuasa atau menghipnotis para jaka dan dara yang saya ajar, namun dengan kesederhanaan dan berbagai macam tipe siswa yang saya kenal mereka berkontribusi bahkan cenderung berlomba-lomba memberikan selebrasi dan peringatan atas milad guru fisika ini.
Jika semula sebagai wali kelas harlah saya hanya dirayakan oleh kelas yang saya ajar, sekarang sudah merembet hampir satu sekolah yang merayakannya. Mungkin seiring dengan tulisan, semakin bertambah usia maka bertambah pula kebijakan dan pengalaman adalah pedoman yang terbaik untuk mencapai perbaikan di masa mendatang, semakin lama semakin terbukti kebenaran filosofi tersebut.
Saya tidak pernah mengerti dan tidak pernah mendapatkan jawabannya mengapa dan bagaimana mereka melakukan itu semua. Terlebih ada yang tahun 2007 dulu sampai merayakannya dari depan pagar rumah saya menyanyikan lagu di pagi buta di saat saya baru bangun tidur, ada juga yang pura-pura menanyakan soal PR atau tugas kemudian datang berombongan teman-temannya “menghambur” membawa kue yang kemudian dicolekkan ke wajah teman-temannya. Mulai dari kue tart, kaos kaki, kaos penuh bertandatangankan para peserta didik yang saya ajar, foto-foto online saya yang dipigura besar-besar, dasi, batik, bahkan jas, juga bahkan sampai satu jerigen bensin premium semuanya pernah saya terima sebagai kado spesial dan lain daripada yang lain. Pokok dengan bermacam-macam teknik dan metode untuk memperlancar acara nge-trap seperti ini.

Jika di tahun-tahun sebelumnya saya menerima ucapan selamat dari fesbuk atau sms atau zaman dulu menggunakan friendster, nah yang rame di tahun  2012 ini adalah akun twitter saya yang sudah ada @fisikarudy sudah kebanjiran mention hingga PM mulai pukul 0.00 tanggal 28 mei 2012 sampai dengan pagi ini (29 mei 2012) . Sebuah rekor yang tidak pernah tercapai melebihi media sosial lainnya yang pernah saya ikuti. Jika tahun lalu saya menerima sekitar 300-an lebih hanya melalui wall facebook saat ini traffic-nya meningkat lebih tinggi lagi hampir tiga kali lipat.

Biasanya setelah acara begini para siswa saya malah mengadakan ajang curhatan (ini dimulai zaman (2008-2009-2010-2011) namun tahun ini jauh berbeda, karena saya pun membagikannya kepada rekan-rekan sekerja selesai upacara kemarin pagi selain kepada kelas-kelas hingga jurusan IPS atau siapapun yang berada sepanjang lintasan kue itu beredar semuanya merasakan harapan melalui kudapan sederhana ini. Jadi terasa sekali bahwa kebersamaan dengan guru lain di harlah sangat memberi kesan dan menjadi penggugah selera untuk terus bekerja dan berkomitmen bersama mencapai tujuan sekolah bersama. Melihat hal ini, para siswa pun tergerak hatinya untuk memberikan apresiasi kepada para gurunya yang mereka lakukan dengan penuh kerelaan.

Semua apresiasi dan persembahan itu mereka berikan dalam hati yang tulus serta kesukarelaan dalam pemberian sederhana walau hanya berupa kue tar dengan tatahan lilin pertanda bahwa kehidupan baru dan era baru menanti di depan pintu kehidupan dengan kejadian yang berulang seperti hari ini. Sebagaimana kelas XI IA-2 yang spontan menyanyikan lagu Adera Lebih Indah dengan gitaran oleh RISKI TRIWIJAYA yang mirip dengan video klipnya😀

Jika tahun lalu siswa saya berbondong-bondong sama seperti konvoi parpol bergantian-bergantian (sejak tahun 2007 sudah begitu kebiasaannya), namun tahun ini karena BBM mahal, bensin mahal, membeli pertamax saja merupakan kemewahan, konvoi berubah menjadi perayaan sederhana yang cukup di sekolah dan perwakilan dari mereka saja seperti yang dilakukan tadi malam melalui foto berikut ini :

Jika di kelas saat ulang tahun yang dinyanyikan itu lagu Selamat Ulang tahun dan seterus, tentu saja ada yang berbeda di tahun ini, karena para siswa saya ini menyanyikan sebuah lagu yang berjudul Lebih Indah yang dinyanyikan oleh Adera_Ega yang videonya pernah saya tayangkan dalam blog ini. Terasa sekali syairnya mengena pada bagian refrain, bahwa Kalianlah yang terbaik untuk saya. setelah sekian lama hati terbelenggu dalam ketidakpercayaan akan perubahan, ternyata senyum, tawa, canda, dan kesetiaan mereka mengubah ini semua.

Hampir selengkapnya ditampilkan dalam album foto berikut ini. Kebetulan pada hari ini Wagetama selain sebagai anggota parlemen XI IA-4 Elfia D’quatrron yang juga Ketua OSIS SMAN-2 Palangka Raya pun merayakan hari jadinya yang ke-17, maka ada tiup lilin bersama-sama.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

#birthday, #born, #cake, #fisikarudy, #hut, #larlah, #milad, #palangkaraya, #rudyhilkya