OSN Guru

Pada kamis 7 Juni 2012 kemarin saya ditugaskan mengikuti olimpiade sains tingkat propinsi Kalimantan Tengah untuk guru MIPA sebagian besar guru-guru hebat yang dapat mengerjakan soal-soal MIPA bertemu di lantai dua Aula Pintar di Kantor Dinas Pendidikan danKebudayaan Propinsi Kalimantan Tengah. Sebanyak 23 orang guru mewakili SMP dan SMA se-Kalimantan Tengah merebut kesempatan untuk mewakili propinsi ini.
OSN untuk guru sebagai tolok ukur kemampuan guru pembina OSN MIPA yang mengajar siswa yang mana siswa ini pula mengikuti OSN MIPA tersebut. Memang yang belum ada adalah OSN untuk guru pada bidang Ekonomi, TIK, Geosains dan Astronomi.
Umumnya OSN untuk guru, kami diberikan 50 soal yang membutuhkan jawaban isian singkat antara lain 15 soal tentang teori-teori belajar untuk menguji kompetensi pedagogik dan 35 soal soal-soal teori dasar Fisika sebagai bagian kompetensi profesional.
Untuk guru yang pra sertifikasi juga diberikan soal semacam ini sebanyak 100 soal yang dinamakan Ujian Komnpetensi Awal dan untuk guru yang sudah sertifikasi nanti pada bulan Juli 2012 juga akan diadakan Ujian Kompetensi semacam ini untuk mengukur dan memetakan kemampuan para guru Indonesia yang sudah memperoleh sertifikat pendidik.
Pada dasarnya OSN untuk guru memacu guru berpikir menyelesaikan soal-soal teori berdasarkan analogi dan memadupadakan teori-teori fisika dalam soal-soal yang sederhana tetapi terkait dan kompleks.
Seperti contoh yaitu bagaimana menghitung kecepatan gelinding bola pejal yang terbuat dari logam jika suhunya meningkat, menghitung letak poros kesetimbangan batang yang diangkat oleh tiga orang dengan sumbu yang saling tegak lurus, menentukan diameter bola sebagai penegang getaran kawat saat gelombang stasioner terbentuk pada senar saat bola itu dibandingkan saat tidak tercelup dan tercelup dalam cairan, sebagian kecil sebenarnya merupakan paradoks atau teorema fisika dalam pengertian dasar seperti optik, kesetimbangan tali, fluida dinamis, rangkaian listrik sederhana, hingga inti atom dan disintegrasi nuklir.

#osn-guru-2012