Ulangan Umum

Semenjak 4 Juni sampai dengan 13 Juni 2012 besok, sekolah tempat saya bekerja menjadwalkan Ulangan Umum atau Ujian Akhir Semester 2011/2012 yang melibatkan seluruh komponen pembelajaran dan warga belajar. Ulangan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan seleksi peserta didik baru 2012/2013 sungguh meriah dan semarak. Di satu sisi adalah menguji kompetensi siswa yang telah belajar selama satu tahun pelajaran dan di segi yang lain menyeleksi siswa yang akan mengisi ruang-ruang kelas X.
Namun disayangkan adalah kesediaan rekan-rekan sekerja yang mulai kendur dalam mengawasi ruang ujian serta ada “kebiasaan” atau tradisi yang meremehkan proses ini, namun itu semua dapat teratasi berkat tim yang solid dibawah komando Pak Nyoman Suardana yang harus membagi waktunya disela-sela menghadapi ujian tesis pada hari ini 12 Juni 2012.
Semoga sukses untuk pak Nyoman Suardana dan Bu Helita yang akan menyelesaikan studinya pada program Pascasarjana Universitas Palangka Raya jurusan Biologi agar SMAN-2 Palangka Raya bertambah maju dan semakin lengkap guru-guru IPA-nya yang telah menyelesaikan S2.
Ulangan umum ini bukan proses akhir penilaian karena masih merupakan tahapan dalam suatu siklus proses untuk menentukan naik kelas atau tidak peserta didik.
Sebagaimana diskusi dalam #gurarutalk yang diadakan @GuraruID acer dan @gurukreatif, proses kenaikan kelas adalah proses tahapan yang melibatkan mata hati dan kata hati seorang guru serta bukan akumulasi dari seluruh kejadian penilaian di kelas melainkan portfolio yang dikumpulkan guru orang demi orang (siswa demi siswa) yang menyatakan kompetensinya untuk dinaikkan kelasnya (tidak pernah diturunkan kelasnya). Tidak ada juga siswa yang tidak naik kelas karena takut ketinggian, sebab naik kelas adalah atribut dan sebutan kebanggaan seorang peserta didik yang telah lama menuntut ilmu di sebuah perguruan (misalnya SMADA Palangka Raya ini).
Ujian digunakan untuk menentukan layak atau tidak kemampuannya digolongkan lebih tinggi atau bertambah, namun bisa juga ujian digunakan untuk mengelompokkan sebagai rombongan yang lebih tinggi tingkatnya.

#naik-kelas, #ujian-akhir-semester, #ulangan-umum